Apa Itu Analisis SWOT? 4 Komponen Dasar Analisis SWOT

Apa Itu Analisis SWOT? 4 Komponen Dasar Analisis SWOT

By

Databaseartike.com-Dalam setiap perusahaan atau organisasi, dapat mengetahu atau menganalisis kondisi perusahaan atau organisasi yang dimiliki sangatlah penting.

Dengan mengetahui kondisi perusahaan anda, anda dapat terus mengembangkan perusahaan anda. Sebuah metode analisis dapat digunakan untuk mengetahui kondisi sebuah perusahaan.

Salah satu metode analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan adalah analisis SWOT.

Lalu, apa itu analisis SWOT? Jika anda tidak mengetahui tentang analisis SWOT, simak artikel dibawah ini!

Apa Itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah sebuah analisis yang berada di dalam suatu manajemen perusahaan atau sebuah organisasi. Diharapkan dengan adanya analisis SWOT, dapat membantu suatu manajemen atau organisasi dalam penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan tertentu.

Kata SWOT pada analisis SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.

Sesuai dengan namanya, analisis SWOT bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu perusahaan atau sebuah organisasi.

Selain digunakan dalam sebuah perusahaan, analisis SWOT dapat digunakan untuk mengevaluasi diri sendri dalam berkarir.

4 Komponen Dalam Analisis SWOT

Dalam anailisis SWOT, terdapat 4 komponen dasar, yakni.

Strength

Strength merupakan analisis kekuatan. Dalam analisis strength, setiap perusahaan atau organisasi harus dapat menganilsa keuatan dan kelemahan dibandingkan dengan para pesaingnya.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahannya, diharapkan perusahaan meningkatkan kualitas produk perusahaan tersebut agar lebih baik dari para pesaingnya.

BACA JUGA :   Apa Itu Deposito? Kenali Ciri-Ciri Deposito Dan Manfaatnya

Weakness

Weakness adalah analisis kelemahan. Dalam analisis ini, diharapakan setiap perusahaan atau organisasi dapat menganilasa kelemahannya.

Dengan menggunakan analisis kelemahan, diharapkan perusahaan atau organisasi dapat mengetahu sesuatu yang menjadi kendala dalam kemajuan perusahaannya.

Opportunity

Opportunity adalah analisis peluang. Analisis peluang digunakan untuk menganalisa peluang diluar suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat berkembang dimasa depan.

Dengan menggunakan analisis peluang, perusahaan dapat mencari solusi atau terobosan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk berkembang di masa depan.

Threats

Threats adalah analisis ancaman. Analisis ancaman menjadi salah satu cara untuk menganlisa ancaman atau tantangan yang dihadapi oleh suatu perusahaan.

Ancaman yang dianalisa dapat berupa ancaman eksternal maupun internal.

Dengan menggunakan analisis ancaman, diharapakan perusahaan atau organisasi dapat mengatasi ancaman yang dapat menghambat perkembangan perusahaan atau organisasi tersebut.

Jika ancaman yang ada pada sebuah perusahaan tidak segera diatasi, ancaman tersebut dapat menjadi penghalang bagi perusahaan atau organisasi untuk berkembang.

Manfaat analisis SWOT

Analisis SWOT dianggap oleh sebagian oragn sebagai metode analisis yang paling tepat digunakan pada sebuah perusahaan. Karena dalam analisis swot, perusahaan dapat menganalisa dari 4 komponen dasar.

Hasil yang didapat dari analisis SWOT biasanya berupa suatu arahan atau sebuah rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan, menambah keuntungan, dan menghindari ancaman.

Jika analisis SWOT digunakan secara benar, analisis SWOT dapat membatu suatu perusahaan untuk Melihat Sisi-Sisi Yang Terlupakan Dalam Sebuah Perusahaan.

Kelebihan Dan Kekurangan Analisis SWOT

Analisis SWOT memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Analisis SWOT

  • Analisis SWOT sangat fleksibel karena dapat digunakan untuk menganalisis peluang, analisis persaingan, pengembangan usaha atau proses pengembangan produk.
  • Analisis SWOT multi level, maksudnya informasi yang didapat dengan menggunakan analisis SWOT diperoleh dari 4 komponen yang berbeda.
  • Pengintegrasian data yang digunakan dalam analisis swot dapat meningkatkan perencanaan dan pembuatan kebijakan, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan komunikasi, dan membantu mengkoordinasikan operasi.
  • Analisis SWOT tergolong dalam analisis yang mudah digunakan oleh siapa saja.
  • Biaya yang dikeluarkan dalam melakukan analisis SWOT terbilang minim.
BACA JUGA :   Apa Itu Manufaktur? Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur

Kekurangan Analisis SWOT

  • Tidak adanya faktor pembobot dalam pemberian peringkat yang signifikan bagi suatu faktor dengan faktor yang lain ketika di analisis.
  • Dapat menyebabkan terjadinya hasil ganda dalam setiap faktor yang di analisis. Hasil ganda dapat terjadi karena setiap faktor dianalisis menggunakan 4 komponen SWOT.

****

Nah, semoga dengan membaca artikel ini anda semakin paham mengenai apa itu analisis SWOT? Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!