Apa Itu Autoimun? Kenali Penyebabnya Dan Gejalanya

Apa Itu Autoimun? Kenali Penyebabnya Dan Gejalanya

By

Berbagai penyakit dapat menyerang tubuh manusia. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit dapat masuk dan menyerang tubuh manusia. Bahkan kini terdapat penyakit yang disebabkan karena sistem tubuh manusia sendiri.

Penyakit tersebut adalah autoimun. Lantas, apa itu autoimun? Yuk, simak artikel ini!

Apa Itu Autoimun?

Apa itu autoimun? Autoimun merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kondisi sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh merupakan komponen yang digunakan untuk menjaga tubuh dari virus.

Manun bagi penderita autoimun,  sistem kekebalan tubuh di dalam tubuhnya menyerang sel tubuh yang sehat dengan melepaskan protein autoantibodi.

Penyebab Penyakit Autoimun

Untuk mengetahui apakah anda terjangkit penyakit autoimun, sebaiknya pahami penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit autoimun.

Etnis

Beberapa jenis penyakit autoimun hanya menyerang etnis tertentu. Seperti penyakit diabetes tipe 1, penyakit tersebut hanya menyerang orang Eropa. Jenis penyakit autoimun lainnya adalah lupus, penyakit lupus hanya menyerang orang Afrika-Amerika dan Amerika latin.

Gender

Penyakit autoimun sebagian besar menyerang kaum wanita. Karena penyakit autoimun bisanya terjadi ketika masa kehamilan.

Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan penyakit autoimun.

Lingkungan yang kotor, penuh bahan kimia, adanya virus dan bakteri merupakan penyebab terjangkitnya penyakit autoimun.

Riwayat keluarga

Seperti beberapa penyakit lain, Riwayat keluarga atau keturunan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menularkan penyakit autoimun.

Apabila terdapat keluarga yang pernah terkena penyakit autoimun, kemungkinan keturunannya dapat terkena penyakit autoimun.

BACA JUGA :   Apa Itu Jurnalistik? Sejarah Jurnalistik Di Indonesa Dan Jenis-Jenis Jurnalistik

Gejala Penyakit Autoimun

Pada umumnya, orang yang terkena penyakit autoimun memiliki beberapa gejala yang awal yang dapat dirasakan oleh tubuh. Gejala penyakit autoimun adalah.

  • Kelelahan.
  • Pegal otot.
  • Ruam kulit.
  • Demam ringan.
  • Rambut rontok.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Kesemutan di tangan dan kaki.

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun memiliki lebih dari 80 jenis. Namun, beberapa jenis penyakit autoimun memiliki gejala yang spesifik, diantaranya adalah.

Lupus

Penyakit lupus memengaruhi hampir semua sistem organ tubuh. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus diantaranya adalahi demam, nyeri sendi, ruam kulit, kulit sensitif, sariawan, bengkak pada tungkai, sakit kepala, kejang, nyeri dada, sesak napas, pucat, dan perdarahan.

Penyakit Graves

Penyakit graves mempengaruhi kelenjar tiroid dalam tubuh. Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit graves adalah hilangnya berat badan, mata menonjol, gelisah, rambut rontok, jantung berdebar.

Psoriasis.

Penyakit psoriasis menyerang bagian kulit. Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit ini adalah kulit yang bersisik.

Multiple Sclerosis

Penyakit multiple sclerosis menyerang sistem syaraf manusia. Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri, lelah, otot tegang, gangguan penglihatan, dan kurangnya koordinasi tubuh.

Rheumatoid Arthritis 

Penyakit rheumatoid arthritis mempengaruhi bagian sendi tubuh. Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit ini adalah menimbulkan gejala nyeri sendi, radang sendi, dan pembengkakan.

Pengobatan Penyakit Autoimun

Sebagian besar jenis penyakit aoutoimun belum dapat disembuhkan. Namun, dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul, anda dapat mengatasinya agar tidak lebih parah.

Pengobatan terhadap penderita penyakit autorium dilakukan sesuai dengan jenis penyakitnya, jenis gejalanya, dan tingkat keseriusan penyakitnya.

Apabila penderita hanya mengalami neyri atau pegal otot, dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat. Obat yang dikonsumsi harus berasal dari resep dokter.

Selain mengkonsumsi obat, penderita penyakit autoimun dapat menjalani terapi untuk mengganti hormon yang terhambat dalam tubuh.

BACA JUGA :   Apa Itu Hibernasi? Hibernasi Pada Hewan Dan Manusia

****

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu autoimun? Semoga kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!