Apa Itu Deposito? Kenali Ciri-Ciri Deposito Dan Manfaatnya

Apa Itu Deposito? Kenali Ciri-Ciri Deposito Dan Manfaatnya

By

Databaseartikel.com-Sebagai badan usaha yang berorientasi terhadap profit, banyak bank yang menawarkan berbagai produk dengan berbagai upaya untuk menarik minat masyarakat.

Salah satu produk yang biasa ditawarkan oleh bank adalah deposito.

Jika anda belum tahu apa itu deposito? Simak artikel berikut!

Apa itu deposito?

Deposito adalah sebuah produk simpanan masyarakat yang metode penarikannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu sesuai dengan perjanjian.

Jika semakin lama jangka waktu deposito, maka semakin bensar tingkat suku bunga yang diterima penyimpan atau nasabah bank tersebut.

Ciri-Ciri Depoito

Simpanan deposito memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali oleh para nasabah bank. Ciri-ciri deposito diantaranya.

Setoran Minimal

Untuk membuat simpanan deposito, para nasabah harus melakukan setoran awal ke pihak bank. Setoran yang di syaratkan untuk membuat simpanan deposito tergolong cukup ringan, yakni sekitar Rp. 5 juta.

Jangka Waktu Simpanan

Simpanan deposito memiliki jangka waktu untuk pengendapan dana mulai dari 1 hingga 24 bulan.

Nasabah dapat mencairkan simpanan depositonya sesuai dengan perjanjian sesuai dengan jangka waktu yang disediakan.

Bunga Deposito

Simpanan deposito memiliki bunga yang tergolong lebih besar dibandingan dengan tabungan biasa. Hal tersebut menjadi alasan banyaknya nasabah menyukai simpanan deposito.

Dalam penentuan besaran bunga deposito, pihak bang dapat menyesuaikan dengan Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Resiko Rendah

Deposito merupakan salah satu jenis simpanan atau investasi. Namun, resiko yang terdapat dalam simpanan deposito tergolong rendah karena sudah dijamin oleh LPS.

BACA JUGA :   Apa itu SkinCare ? Ini Urutan Penggunaan Skincare dengan Baik

Jenis-Jenis Deposito

Deposito memiliki tiga jenis yang dapat dibedakan, seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call. Berikut penjelasannya.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah jenis deposito yang memiliki jangka waktu untuk pencairan mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Deposito berjangka dapat diterbitkan atas nama perorangan maupun lembaga.

Deposito berjangka tidak dapat diperjual belikan karena bentuk dari deposito adalah bilyet giro yang tercantum nama pemilik di dalamnya.

Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah jenis deposito yang dikeluarkan oleh bank dengan jangka waktu yang singakt dibandingkan deposito berjangka.

Jangka waktu yang diberikan dalam sertifikat depoosito adalah 2 bukan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sertifikat deposito dapat diperjual belikan karena tidak terdapat nama pemilik atau pemegangnya.

Deposito on Call

Deposito on call adalah deposito yang dipakai untuk para nasabah yang memiliki dana besar dan untuk jangka waktu yang relatif singkat. Deposto jenis ini biasa digunakan oleh penebar deposito.

Jangka waktu yang diberikan dalam deposti on call adalah 7-30 hari. Bentuk deposito ini diterbitkan dengan dibubuhi nama pemiliknya sehingga tidak dapat diperjualbelikan.

Manfaat Deposito

Simpanan deposito memiliki beberapa manfaat bagi nasabah bank. Berikut adalah beberapa manfaat deposito yang dapat anda nikmati.

Lebih Aman

Simapan dalam bentuk deposito memiliki kelebihan dibandingkan jenis simpanan atau tabungan lainnya yakni lebih aman. Keamanan dalam deposito dikarenakan adanya jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Uang yang dapat dijamin oleh LPS bisa sampai berjumlah 2 milyar. Namun, jika jumlah uang deposito anda lebih dari 2 milyar, maka deposito anda tidak dapat dijamin oleh LPS.

Dapat Menjadi Jaminan

Deposito dapat menjadi jaminan untuk melakukan kredit. Pengambilan kredit pada suatu bank dapat dilakukan dengan menjaminkan deposito dengan melampirkan bukti kepemilikan deposito dan menjadikannya sebagai jaminan kredit.

BACA JUGA :   Apa Itu Wiraswasta? Ciri-Ciri Wiraswasta Yang Baik

Syarat Mudah

Untuk membuka simpanan deposito, syarat yang diberikan oleh pihak bank tergolong cukup mudah. Beberapa persyaratan umum untuk membuka deposito adalah rekening, Kartu identitas, dan materai.

Sebagai Investasi

Deposito dapat dijadikan sebagai investasi masa depan. Hal tersebut dikarenakan simpanan deposito dapat dijadikan sebagai modal dengan resiko yang rendah.

Investasi tersebut dapat anda gunakan sebagai modal hidup di masa depan.

****

Demikian artikel tentang apa itu deposito? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!