Apa Itu Gap Year? Manfaat Gap Year Dan Dampak Buruk Gap Year

Apa Itu Gap Year? Manfaat Gap Year Dan Dampak Negatif Gap Year

By

Gap year merupakan salah astu istilah yang umum, terutama bagi para mahasiswa.

Lantas, apa itu gap year? Yuk, simak artikel ini. Kali ini saya akan membahas tentang gap year!

Apa Itu Gap Year?

Gap year adalah  istilah bagi mahasiswa untuk mengambil cuti belajar. Biasanya, gap year diambil oleh mahasiswa untuk melakukan kegiatan berpergian, bekerja, atau melakukan kegiatan sesuatu.

Gap year biasanya dilakukan oleh mhasiswa atau pelajar SMA yang baru lurus sekolah sebelum melakukan kuliah.

Gap year awalnya merupakan salah satu tradisi bagi pemuda Jerman sebelum perang dunia pertama. Para pemuda jerman melakukan gap year untuk mendapatkan proses pendewasaan dan menemukan jati diri.

Gap year mulai populer pada tahun 1970an. Pada masa itu, gap yera digunakan untuk melakukan liburan atau traveling ke negara lain.

Gap yera semakin populer ketika putri mantan presiden Barack Obama mengumumkan untuk mengambil gap year sebelum memulai kuliah.

Pada saat itu, putri Barack Obama mengambil gap year untuk melakukan kegiatan magang dan mendampingi sang ayah untuk melakukan tugas kenegaraan.

Alasan Mengambil Gap Year

Mengambil cuti dalam sebuah kuliah bukan merupakan hal yang sepele dan main-main. Untuk mengambil keputusan tersebut, harus melalui pemikiran yang matang agar tidak mengakibatkan kerugian.

Sebagian sekolah tinggi atau universitas di negara barat menyambut positif tentang tren gap year ini. Menurutnya, gap year dapat membuat seseorang menyiapkan diri dengan baik sebelum masuk dunia perkuliahan.

Selain itu, gap year dapat digunakan untuk lebih mendalami tentang dirinya sendiri sebelum berkomitmen dalam hidup.

BACA JUGA :   Apa Itu Copywriting? Cara Menulis Copywriting Dengan Baik

Beberapa perguruan tinggi juga menjelaskan bahwa staff atau mahasiswa yang mengambil gap year cenderung lebih memiliki kemampuan dibandingkan dengan yang tidak mengambil gap year.

Mengambil gap year juga dapat memberikan pelajaran atau pengalaman yang tidak didapatkan di dunia pendidikan.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Selama Gap Year

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu gap year yang diambil. Mulai dari kegiatan yang bermanfaat maupun yang tidak.

Pada umumnya, seseorang mengambil gap year untuk melakukan perjalanan atau mendapatkan pengalaman yang menghasilkan rasa nyaman, meningkatkan pengetahuan, dan mendapatkan pengalaman hidup.

Ketika mengambil gap year, anda dapat melakukan traveling ke berbagai negara yang belum pernah anda kunjungi. Dari situ, anda dapat belajar banya hal mengenai budaya, kehidupan, dan dapat mengenal satu sama lain.

Mengisi waktu gap year juga dapat dilakukan di lingkungan tempat tinggal. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti mengikuti kegiatan sosial, magang, mengerjakan hobi, dan kerja paruh waktu.

Durasi Gap Year

Pada umumnya, gap year dilakukan selama satu tahun penuh setelah lulus dari sekolah dan sebelum masuk ke perguruan tinggi.

Di negara Amerika, banya universitas yang menganjurkan calon mahasiswanya atau mahasiswanya utnuk mengambil gap year.

Hal tersebut dikarenakan banyak mahasiswa yang membiayai kuliahnya sendiri. Dengan mengambil gap year, diharapkan mahasiwa tersebut mendapatkan dana untuk membiayai kuliah dan mendapatkan berbagai mancam pengalaman hidup.

Dampak Negatif Gap Year

Selain beberapa manfaat yang didapatkan dari gap year, terdapat sisi negatif yang bisa timbul dari pengambilan gap year.

Kesibukan atau aktifitas yang lebih menarik selama gap year dapat membuat anda malas untuk kembali melanjutkan pendidikan.

Seain itu, gap year tidak cocok diterapkan di Indonesia. Di Indonesia mengambil sebuah gap year atau cuti dalam pendidikan sering dinilai sebagai pemalas atau bodoh.

BACA JUGA :   Ekstensi Chrome untuk Cek Ramalan Cuaca Hari ini secara RealTime

Bahkan, meskipun gap year diambil dengan keputusan yang baik, orang tersebut masih tetap dianggap sebagi pemalas.

****

Nah, semoga dengan artikel ini anda dapat paham tentang apa itu gap year? Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like