Apa Itu Glaukoma? Kenali Tanda-Tandanya Dan Cara Pengobatannya

Apa Itu Glaukoma? Kenali Tanda-Tandanya Dan Cara Pengobatannya

By

Mata merupakan salah satu indera yang penting bagi manusia. Manusia dapat melihat dan menikmati keindahan dunia dengan menggunakan indera mata.

Namun, ada banyak penyakit yang dapat menyerang mata. Salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat merusak mata adalah glaukoma.

Mungkin, bagi sebagian orang tidak mengetahu apa itu glaukoma? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Apa Itu Glaukoma?

Glaukoma adalah sebuah kerusakan pada syaraf mata yang dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan dapat mengakibatkan kebutaan.

Terjadinya glaukoma biasanya disebabkan oleh tingginya tekanan yang diterima oleh bola mata.

Glaukoma terdiri dari beberapa macam, yakni glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma tekanan normal, glaukoma kongenital, dan glaukoma sekunder.

Namun, glaukoma yang sering terjadi pada mata manusia adaah glaukoma sudut terbuka.

Tanda-Tanda Glaukoma

Sama halnya dengan penyakit lain. Glaukoma memiliki beberapa tanda-tanda yang dapat dikenali sejak dini. Tanda-tanda yang timbul akan berbeda sesuai dengan jenis glukoma yang di derita.

Glaukoma Sudut Terbuka

Tanda-tanda yang terdapat pada glaukoma sudut terbuka adalah munculnya blind spot pada pusat pengelihata.

Selain itu terjadinya pengerucutan penglihatan atau terdapat titik hitam yang mengikuti gerakan bola mata.

Glaukoma Sudut Tertutup

Gejala yang ditimbulkan akibat glaukoma sudut tertutup adalah sakit kepala berat, nyeri pada mata, mual, dan mata merah.

BACA JUGA :   Apa itu Youtube ? "2019" Nonton Video Streaming 100% Gratis

Glaukoma Kongenital

Gejala yang ditimbulkan akibat glaukoma kongenital adalah terdapat tekanan pada bola mata yang terjadi pada bayi yang baru lahir.

Hal tersebut dapat diketahui dalam kurun 1 tahun sejak bayi tersebut lahir.

Glaukoma Sekunder

Glaukoma sekunder biasanya terjadi karena disebabkan oleh penyakit lain. Tanda-tanda glaukoma sekunder mirip dengan jenis glaukoma lainnya.

Penyebab Glaukoma

Glaukoma disebabkan oleh tekanan tinggi pada bola mata manusia yang dapat mengakibatkan kerusakan syaraf mata.

Tekanan pada bola dapat disebabkan oleh mengendapnya cairan didalam mata. Normalnya, cairan tersebut dikeluarkan melalui saluran pada mata.

Namun, penyebab glaukoma dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis glaukoma. Berikut penjelasannya.

Glaukoma Sudut Terbuka

Glaukoma terbuka merupakan salah satu jenis glaukoma yang sering terjadi pada manusia.

Penyebab glaukoma terbuka adalah penyumbatan parsial ada trabecular meshwork. Penyumbatan ini mengakibatkan menumpuknya cairan pada mata dan menjadikan tekanan pada bola mata.

Glaukoma Sudut Tertutup

Glaukoma sudut tertutup disebakan oleh penyumbatan yang terjadi akibat drainase mata yang tertutup atau iris mata yang menonjol. Kondisi tersebut biasanya terjadi secara perlahan.

Glaukoma Tekanan Normal

Penyebab glaukoma tekanan normal amsih belum bisa diketahui pasti. Namun, kerusakan mata akibat glaukoma tekanan normal biasanya disebabkan oleh aliran dara yang buruk pada mata.

Aliran darah yang buruk dapat disebabkan dari penumpukan lemak pada si korban.

Glaukoma Sekunder

Glaukoma jenis ini biasanya disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi. Salah satu penyebabnya adalah diabete yang tidak terkontrol atau darah tinggi.

Glaukoma Kongenital

Glaukoma kongenital disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada saat baru lahir. Glaukoma kongenital dapat menggangu drainase cairan mata dan membuat syaraf mata lebih sensitif.

Pengobatan Glaukoma

Glaukoma dapat disembuhkan dengan beberapa cara. Namun, pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan arahan dan hasil konsultasi dari dokter agar tidak berakibat fatal.

BACA JUGA :   Apa Itu Stakeholder? Funsi Stakeholder Dan Jenis-Jenis Stakeholder

Beberapa pengobatan untuk glaukoma adalah.

Pengobatan Tetes Mata

Terdapat jenis obat tetes mata yang khusus digunakan untuk mengatasi glaukoma. Namun, obat tetes mata khusus ini hanya dapat didapatkan melalui resep dokter.

Jenis obat tetes mata khusus untuk glaukoma juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan tingkat keparahan glaukoma.

Laser

Pengobatan dengan laser dapat membantu pasien untuk menguras cairan yang mengendap pada bola mata. Terdapat dua jenis laser yang dapat digunakan untuk mengobati glaukoma, yakni trabekuloplasti dan iridotomi.

Operasi

Pengobatan dengan operasi pada pasien glaukoma hanya dilakukan apabila penyakit glaukoma sudah parah dan tidak dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan dan laser.

Tindakan operasi biasanya digunakan untuk membuang cairan yang berlebih di bola mata. Selain itu juga dapat digunakan untuk memasang implan pipa untuk membantu mengalirkan cairan yang mengendap.

****

Demikianlah artikel tentang apa itu glaukoma? Semoga artike ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Banyak dicari Netizen:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like