Apa Itu Inflasi? Faktor Penyebab Inflaasi, Jenis Inflasi, Dan Cara Mengatasi Inflasi

Apa Itu Inflasi? Faktor Penyebab Inflaasi, Jenis Inflasi, Dan Cara Mengatasi Inflasi

By

Databaseartikel.com-Inflasi adalah kondisi tingkatan suatu harga secara general yang cenderung terus naik. Kenaikan harga mengakibatkan konsumen akan mengurangi jumlah pembelian dan membuat produsen mengurangi produksinya untuk menghindari kerugaian.

Jika disuatu negara terdapat inflasi yang tinggi, maka hal tersebut dapat menggambarkan perekonomian yang tidak berkembang dengan baik pada negara tersebut.

Oleh karena itu, negara yang ekonominya sehat harus memiliki inflasi yang rendah.

Faktor Penyebab Inflasi

Inflasi dalam suatu negara dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penjelasannya.

Menignkatnya Permintaan

Inflasi dapat terjadi akibat permintaan yang meningkat tinggi melebihi kekuatan produksi. Hal ini dapat terjadi secara menyeluruh terhadap permintaan barang atau jasa.

Peningkatan permintaan barang atau jasa dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni

  • Meningkatnya belanja pemerintah
  • Meningkatnya permintaan barang untuk diekspor
  • Meningkatnya permintaan barang untuk swasta

Tingginya Peredaran Uang

Jika peredaran uang dimasyarakat lebih banyak daripada kebutuhan, maka hal tersebut dapat mengakibatkan inflasi yang tinggi.

Hal tersebut karena banykanya jumlah uang tidak dibarengi dengan meningkatnya jumlah barang. Maka harga barang yang ada dapat menungkat hingga 100%.

Kenaikan Biaya Produksi

Inflasi dapat terjadi karena naiknya biaya produksi suatu barang. Biaya produksi adalah biaya keseluruhan faktor produksi yang telah dikeluarkan, mulai dari bahan bagu hingga tenaga kerja.

Kenaikan biaya produksi tersebut dapat mengakibatkan langkanya barang produksi. Hal tersebut dapat meningkatkan harga jual barang dan mengakibatkan inflasi.

Jenis-Jenis Inflasi

Inflasi terdiri dari 4 jenis, yakni

BACA JUGA :   Apa Itu Industri 4.0? Ketahuilah Komponen Dan Manfaat Industri 4.0

Inflasi Ringan

Inflasi ringan adalah kenaikan harga suatu produk kurang dari 10%  dalam kurun waktu 1 tahun.

Inflasi ringan masih merupakan inflasi yang tidak berbahaya bagi suatu negara karena inflasi tersebut dapat dikendalikan.

Inflasi Sedang

Inflasi sedang adalah kenaikan suatu harga antara 10%-30% dalam kurun waktu 1 tahun. Inflasi sedang dapat dikategorikan dalam keadaan waspada.

Inflasi sedang dengan kenaikan 10%-30% dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat apabila pemerintah suatu negara tidak dapat megendalikannya.

Hal tersebutlah yang menjadikan inflasi sedang dalam kategori waspada meskipun kenaikannya belum maksimal.

Inflasi Berat

Inflasi berat adalah inflasi yang membahayakan bagi suatu negara. Inflasi berat adalah peningkatan harga yang mencapai lebih dari 100% dalam kurun waktu 1 tahun.

Inflasi berat dapat mengakibatkan perekonomian dalam suatu negara menjadi kacau, karena inflasi tersebut tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah.

Inflasi berat dapat mengakitbatkan tidak berkembangnya suatu negara atau menurunkan level negaranya.

Cara Mengatasi Inflasi

Inflasi bukan merupakan fenomena ekonomi yang dapat dihindari. Inflasi merupakan hal yang ilmiah dalam setiap perekonomian.

Namun, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi inflasi. Beberapa cara dapat dilakukan dengan mengambil beberapa kebijakan untuk mengatasi masalah inflasi.

Menghemat Pengeluaran Pemerintah

Menghemat pengeluaran pemerintah dapat menurunkan harga barang dan jasa. Mengatasi tekanan inflasi dengan menghemat pengeluaran pemerintah terbukti efektif bagi beberapa negara.

Meningkatkan Tarif Pajak

Meningkatkan tarif pajak dapat menekan tingkat konsumpsu masyarakat. Peningkatan tarif pajak dapat menekan harga produk turun.

Meningkatkan Produksi

Meningkatkan produksi dapat menurunkan inflasi yang terjadi di negara tersebut. Peningkatan produksi dapat dilakukan dengan melakukan impor produk dari luar negeri.

Peningkatan produksi dapat menghilangkan kelangkaan barang di pasaran dan dapat menurunkan harga barang yang langka di pasaran.

BACA JUGA :   Apa Itu Kognifit? Faktor Yang Mempengaruhi Aspek Kognitif

Menetapkan Harga Maksimum

Menetapkan harga maksimum suatu produk dapat mengendalikan harga agar tidak naik terlalu banyak dan mengakibatkan inflasi.

Namun, peningkatan harus realaistis agar tidak terjadi pasar gelap di negara tersebut.

****

Demikianlah artikel tentang apa itu inflasi? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like