Apa Itu Introvert? Ciri-Ciri Introvert, Manfaat Introvert, Dan Tingkah Laku Introvert

Apa Itu Introvert? Ciri-Ciri Introvert, Manfaat Introvert, Dan Tingkah Laku Introvert

By

Setiap manusia memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang menyukai keramaian, adapula yang menyukai kesendirian.

Salah satu sifat atau kepribadian yang dimiliki oleh seseorang adalah introvert.

Apa itu introvert? Bagaimana ciri seorang introvert? Yuk, simak artikel berikut!

Apa Itu Introvert?

Introvert adalah sebuah kepribadian manusia yang ditandai dengan adanya kecenderungan untuk lebih melihat dirinya sendiri.

Orang introvert cenderung lebih memikirkan apa yang ada di pikirannya sendiri, melakukan sesuai suasana hatinya dibandingakan hal lain di luar dirinya.

Orang yang memiliki sifat introvert, cenderung lebih tenang, pendiam, dan mawas diri. Seorang introvert lebih suka berkumpul dan bersosialisasi dengan orang yang dirasa nyaman dan cukup dikenalnya.

Ciri-Ciri Introvert

Seorang yang memiliki sifat introvert memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali orang lain. Ciri-ciri seorang introvert adalah.

Menghindari Komunikasi Yang Tidak Perlu

Soerang introvert lebih menginginkan ketenangan daripada keramaian. Oleh karena itu, seorang introvert lebih memilih untuk menajuhi komunikasi yang dirasa tidak diperlukan.

Namun, seorang introvert adalah seorang yang peka dan pendengar yang baik bagi sahabatnya.

Menjauhi Keramaian

Soerang yang memiliki sifat introvert cenderung menghindari keramaian. Bahkan, seorang introvert lebih memilih untuk berjalan lebih jauh demi menghindari keramaian.

Sulit Mengatakan Perasaan

Seorang yang bersifat introvert bukan berarti orang yang bersikap dingin. Namun, seorang introvert lebih sulit untuk mengunkapkan emosi atau perasaan dibandingkan orang lain.

BACA JUGA :   Apa Itu Vertigo? Penyebab Vertigo Dan Cara Pengobatannya

Soerang introvert lebih nyaman untuk menuangkan isi hatinya dalam sebuah tulisan, meskipun dengan sahabatnya yang sudah akrab.

Kelebihan Introvert

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga seorang introvert, meskiput terlihat sebagai penyendiri, seorang introvert memiliki beberapa kelebihan dibandingkan orang lain, yakni.

Suka Mencermati

Meskipun terlihat penyendiri dan pendiam, soerang introvert suka mencermati lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, soerang introvert pandai menilai kepribadian seseorang secara objektif dan dapat membedakan kepribadian asli seseorang.

Memiliki Kreativitas Yang Tinggi

Seorang introvert lebih memilih untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada di pikirannya. Soerang introvert lebih suka bermain dengan imajinasi mereka.

Oleh karena itu, soerang introvert lebih kreatif dibandingan orang pada umumnya.

Seorang Pemikir

Pikiran merupakan kekuatan bagi seorang yang introvert. Pemikiran yang tajam dan dalam dapat membatu seorang introvert untuk melakukan banyak hal.

Maka dari itu, seorang introvert dapat dengan cepat mengambil suatu keputusan.

Suka Melakukan Suatu Hal Sendiri

Seorang introvert lebih suka melakukan suatu hal dengan sendiri. Soerang introvert lebih nyaman jika bekerja secara sendiri.

Hal tersebut dapat menjadikan seorang introvert lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Tidak Mudah Terbawa Emosi

Memiliki sifat pendiam dan tenang, membuat seorang introvert mudah untuk mengontrol emosi.

Selain itu, seorang introvert juga pandai untuk menyimpan perasaannya dan mudah mengalah.  Seorang introvert lebih memiilih diam ketika ada yang mengajaknya berdebat maupun bertengkar.

Tingkah Laku Introvert

Seorang invtrovert cenderung lebih memiliki teman dalam kelompok kecil. Seorang introvert lebih berhati-hati dalam memilih teman.

Bagi seorang introvert, berteman merupakan membangun sebuah relasi atau hubungan yang lebih bermakna dibandingankan dengan berteman biasa.

Maka dari itu, jika seorang introvert sudah memiliki teman, hubungan merekan akan lebih baik dibandingkan berteman biasa.

BACA JUGA :   Apa Itu Kognifit? Faktor Yang Mempengaruhi Aspek Kognitif

Seorang introvert belajar melalui sebuah pengamatan. Seorang introvert lebih memilih untuk berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara.

Profesi Untuk Introvert

Tidak semua pekerjaan cocok bagi seorang itrovert. Seorang introvet tidak menyukai pekerjaan yang bersinggunangan dengan interaksi sosial ayng tinggi.

Soerang introvet lebih menyukai pekerjaan yang independen atau dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Salah satu pekerjaan yang cocok bagi soerang introvert adalah penulis, akuntan, programmer, desain grafis, atau peneliti.

****

Demikianl artikel tentang apa itu introvert? Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!