Apa Itu Kognifit? Faktor Yang Mempengaruhi Aspek Kognitif

Apa Itu Kognifit? Faktor Yang Mempengaruhi Aspek Kognitif

By

Apa Itu Kognitif? Kognitif adalah sebuah kemampuan intelektual yang dimiliki oleh para siswa dalam meakukan kegiatan berfikir, mengetahui, dan memecahkan masalah,

Menurut Bloom, kemampuan kognitif meliputi segala hal yang bersangkutan dengan aktifitas otak.

Teori Belajar Kognitif

Suatu pembelajaran bagi aliran kognitif bukan hanya sekedar mendapatkanpelajaran dalam mengahsilkan respon dari pelajaran yang diterima tersebut.

Nmaun, pembelajaran kognitif dilakukan dengan melibatkan suatu kondisi mental didalam setiap individu yang berhubungan dengan perhatian, motivasi, dan lain-lain.

Teori belajar kognitif merupakan teori yang menjelaskan tentang proses berfikir dan perbedaan suatu kondisi mental dari pengaruh internal dan eksternal.

Apabila porses belajar kognitif berlangsung secara normal, maka akan menghasilkan suatu informasi dan menyimpannya dengan baik.

Aspek-Aspek Kognitif

Menurut Bloom, kemampuan kognitif memiliki 6 tujuan aspek, yakni.

Pengetahuan

Pengetahuan atau knowledge adalah aspek yang mengacu pada kemampuan mengetahui materi yang telah dipelajari sisiwa dari hal yang paling sederhana hingga yang sulit.

Dalam sebuah pengetahuan, hal yang paling penting adalah kemam[puan mengingat sebuah informasi yang didapat dengan benar.

Pemahaman

Pemahaman adalah sebuah aspek yang mengacu kepada kemampuan dalam memahami makna atau isi dari sebuah materi yang dipelajari.

Pemahaman terletak satu tingkat diatas pengetahuan dan merupakan tingkat berfikir yang rendah.

Penerapan

Penerapan atau application ialah mengacu kepada suatu kemampuan untuk menggunakan attau menerapkan materi yang sudah dipelajari para sisiwa. Penerapan dilakukan dalam situasi yang baru dan menyangkut penggunaan aturan dan prinsip.

BACA JUGA :   Apa itu SnapChat ? Fitur dan Kegunaannya Terbaru 2019.

Penerapan merupakan tingkat kemampuan berfikir yang lebih tinggi dari pemahaman.

Analisis

Analisis adalah salah satu aspek kognitif yang mengacu kepada kemampuan untuk menguraikan materi kedalam komponen penyeban dan dapat memahami hubungan diantara bagian yang satu dengan yang lain untuk mendapatkan struktur yang dapat dimengerti.

Anaisis merupakan tingkatan kemampuan berfikir kognitif yang lebih tinggi daripada aspek pemahaman dan penerapan.

Sintesa

Sintesa atau evaluasi adalah sebuah aspek kognitif yang mengacu kepada memampuan berfikir untuk memadukan konsep sehingga membentuk suatu pola baru.

Aspek sintesa atau evaluasi memerlukan tingkah laku yang kreatif. Kemampuan sintesa merupakan kemampuan tingkat berfikir yang yang lebih tinggi daripada analisis.

Evaluasi

Evaluasi suatu kemampuan berfikir untuk memberikan suatu pertimbangan terhadap suatu nilai materi untuk tujuan tertentu.

Evaluasi merupakan aspek berfikir yang paling tinggi dibandingkan dengan aspek-aspek lainnya.

Faktor Yang Berpengaruh Dalam Aspek Kognitif

Dalam kemampuan berfikir kognitif, terdapat beberapa aspek yang berpengaruh didalamnya, yakni.

Fisik

Faktor fisik merupakan kegiatan interaksi fisik yang dilakukan anta satu individu dengan individu lain. Interaksi fisik dapat menjadi sumber pengetahuan yang baru.

Dengan adanya sebuah interaksi fisik, maka para siswa dapat merasakan dan mendapatkan pengalaman yang baru dan diharapkan dapat mengembangkannya.

Kematangan

Faktor kematangan merupakan salah satu bagian penting dalam sistem syaraf yang dapat memungkinkan siswa untuk memperoleh manfaat secara maksimal.

Faktpr kematangan dapat memungkinkan siswa untuk berkembang. Namun apabila faktor kematangan kurang , maka hal tersebut akan membatasi prestasi kognitif siswa secara luas.

Perkembangan dapat terjadi secara cepat tergantung pada sifat kontak dengan lingkungan dan kegiatan belajar siswa sendiri.

Lingkungan Sosial

Faktor lingkungan sosial sangat berpengaruh dalam pembentukan aspek kognitif dalam tubuh seseorang terutama siswa. Hal tersebut karena lingkungan sosial mencakup hal-hal seperti bahasa dan pendidikam.

BACA JUGA :   Apa Itu Filosofi? Jenis-Jenis Filosofi Dan Fungsi Filosofi

Namun, pengalaman fisik yang salah dengan lingkungan sosial dapat menghambat perkembangan kognitif siswa.

****

Demikanlah artikel tentang apa itu kognitif? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like