Apa Itu Makar? Ciri-Ciri Makar Dan Bentuk Makar

Apa Itu Makar? Ciri-Ciri Makar Dan Bentuk Makar

By

Apakah anda pernah mendengar apa itu makar? Makar merupakan salah satu tindakan yang melanggar hukum.

Makar indentik dengan tindakan kudeta atau pemberontakan terhadap pemimpin negara. Makar sering terjadi di beberapa negara di dunia.

Lantas, apa itu makar? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Makar?

Makar adalah suatu bentuk perlawanan terhadap pemerintahan yang sah dalam suatu negara. Makar dilakukan dengan tujuan utnuk menjatuhkan pemerintahan yang ada atau menentang kebijakan yang sudah ditetapkan.

Makar identik dengan melakukan perlawanan hukum, baik melalui kekuatan senjata atau dengan menggunakna kekuatan lainnya.

Kata atau istilah makar berasal dari bahasa belanda, yakni aanslag yang memiliki arti penyerangan atau serangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, makar adalah akal buruk, tipu muslihat, atau kegiatan untuk membunuh orang. Selain itu, makar juga dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mengkudeta atau menggulingkan pemerintahan dalam suatu negara.

Di Indonesia, tindakan makar merupakan tindakan yang melanggar hukum. Tindakan makar telah ditetapkan dalam KUHP yang dimuat dalam pasal 87 KUHP yang berbunyi “ dikatakan ada makar untuk melakukan suatu perbuatanm apabila niat untuk itu telah ternyata dari adanya permulaan pelaksanaan seperti yang dimaksud dalam pasal 53 KUHP”

Untuk menghukum orang yang melakukan tindakan makar, harus ada tiga syarat yang dimiliki oleh orang tersebut menurut pasal 53 ayat 1 KUHP, yakni.

  1. Niat
  2. Permulaan pelaksanaan.
  3. Pelaksanaannya.

Ciri-Ciri Makar

Suatu tindakan dapat disebut sebagai tindakan makar apabila memuat beberapa ciri-ciri berikut.

  • Harus memilii senjata yang cukup untuk melawan kekuatan militer
  • Memiliki kekuatan finansial yang cukup untuk melakukan perlawanan.
  • Harus meiliki dan mendapatkan dukungan yang luas dari berbagai sektor seperti politik dan militer.
BACA JUGA :   Apa Itu Posesif? Kenali Tanda-Tanda Posesif Dan Cara Menghilangkan Sikap Posesif

Bentuk Tindakan Makar

Tindakan yang dapat dikategorikan sebagai makar yang dapat mengancam kepentingan hukum dan keamanan suatu negara terdiri dari 3 bentuk, menurut KUHP Bab I Buku II. Tindakan tersebut yakni.

Melakukan Penyerangan Terhadap Presiden Atau Wakil Presiden

Salah satu bentuk tindakan makar adalah dengan menyerang keamaan presiden atau wakil presiden yang tertuang dalam pasal 104 KUHP.

Pasal tersebut berbunyi “makar dengan maksud untuk menghilangkan nyawa, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan presiden atau wakil presiden untuk menjalankan pemerintahan, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun”

Maka dari itu, tindakan makar terhadap presiden termasuk dalam kategori tindak kejahatan yang sangat berat.

Menyerang Keamanan Dan Keutuhan Wilayah Negara

Bentuk makar berikutnya adalah melakukan penyerangan terhadap keamanan dan keutuhan suatu wilayah negara. Hal tersebut telah tertuang kedalam pasal 106 KUHP.

Pasal tersebut berbunyi “makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian dari wilayah negara, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama 20 (dua puluh) tahun”.

Menyerang Kepentingan Hukum Tegaknya Pemerintahan Negara

Bentuk tindakan makar yang satu ini berbeda dengan dua bentuk sebelumnya. Tindakan makar ini tidak dilakukan dengan perbuatan kekerasan atau menggunakan senjata.

Bentuk makar ini dilakukan dengan membentuk suatu organisasi dengan alat-alatnay seperti anggaran dasar, program kerja, tujuan yang ingin dicapai, dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan kegiatan dengan tujuan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

Bentuk makar ini tertuang dalam pasal 107 KUHP dengan bunyi sebagai berikut.

“(1) makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintahan, akan diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahunn. (2) para pemimpin dan para pengatur makar tersebut dalam ayat (1), akan diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau penjara paling lama 20 tahun”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!