Apa Itu Manufaktur? Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur

Apa Itu Manufaktur? Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur

By

Manufaktur adalah suatu badan usaha atau perusahaan yang menggunakan mesin, peralatan, dan tenaga kerja dalam suatu proses untuk mengubah bahan baku atau bahan mentah menjadi suatu produk yang layak jual.

Tahapan dalam industri manufaktur harus dilakukan dengan integarsi dan membutuhkan proses berproduksi dari berbagai macam komponen yang digunakan.

Semua porses dan tahapan dalam sebuah anufaktur dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Berikut adalah beberapa pengertian lain dari manufaktur.

Manufaktur Secara Teknis

Manufaktur secara teknis adalah sebuah proses pengolahan bahan mentah yang dilakukan dengan cara kimia dan fisika untuk mengubah bentuk suatu bahan baku dalam proses produksi.

Manufaktur juga mencakup perakitan suatu komponen menjadi suatu produk.

Manufaktur Secara Ekonomis

Manufaktur adalah sebuah proses transformasi bahan mentah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang lebih baik.

Ciri-ciri Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiki beberapa ciri-ciri khusus, yakni.

Pengolahan Material Dan Hasil Produksi

Perusahaan manuaktur biasanya melakukan sebuah proses pengolahan bahan baku menjadi sebuah produk yang memiliki harga jual.

Produk yang dihasilkan dapat terlihat secara fisik atau memiliki bentuk.

Menggunakan Mesin Dan SDM Skala Besar

Dalam proses priduksinya, perusahaan manufaktur menggunakan mesin dan tenaga kerja dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dilakukan agar semua proses produksi dapat dilakukan dalam satu kesatuan.

BACA JUGA :   Apa Itu Literasi? Kenali Manfaat Literasi Dan Jenis-Jenis Literasi

Proses produksi dilakukan sesuai SOP perusahaan tersebut.

Biaya Produksi

Dalam proses produksi, terdapat tiga jenis biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan manufaktur, yakni biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.

Perkembangan Proses Manufaktur

Sebelum industri mengalami revolusi, pengadaan suatu barang dilakukan secara manual dengan seluruh prosesnya dilakukan oleh tenaga manusia.

Namun, setelah terjadi revolusi industri, terdapat perkembangan dalam proses produksi suatu produk. Kini porses produksi dilkaukan dengan menggunakan sebuah alat atau mesin dengan teknologi tinggi.

Hal tersebut dapat membuat proses produksi lebih efisien dan aman. Produk yang dihasilkan pun akan mengalami peningkatan yang sangat drastis dibandingkan dengan produksi manual.

Maka dari itu, proses manufaktur sangat penting digunakan bagi setiap perusahaan agar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan yang masuk dalam kategori perusahaan manufaktur.

Perusahaan Tekstil

Perusahaan tekstil merupakan perusahaan manufaktur yang paling banyak di Indonesia. Perusahaan tekstil menggunakan banyak tenaga kerja dan menggunakan mesin dalam jumlah besar.

Perusahaan tekstil melakukan proses produksi dengan mengola serat kayu, kapas, dan bulu binatang untuk menjadi sebuah benang. Kemudian benang di proses untuk menjadi sebuah kain.

Hal tersebut merupakan contoh teknologi rekayasa menggunakan mesin dan alat produksi.

Industri Garmen

Industri garmen masuk dalam kategori perusahaan manufaktur karena menggunakan banyak tenaga kerja di dalamnya.

Industri garmen memproduksi sebuah baju atau pakaian. Dalam industri garmen, mesin yang digunakan adalah mesin jahit dalam skala yang besar.

Industri Otomotif

Perusahaan otomotif merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang menggunakan teknologi tinggi dan mesin dalam skala besar.

Selain itu, dalam industri otomotif menggunakan banyak tenaga kerja mulai dari proses produksinya hingga sampi penjualannya.

BACA JUGA :   Apa Itu Wacana? Syarat Pembuatan Wacana Yang Baik

Industri Elektronika

Industri elektronika hampir sama dengan industri otomotif. Pada industri elektronika, proses produksi menggunakan tenaga kerja dalam jumlah yang banyak dan teknologi yang tinggi.

****

Demikianlah artikel tentang apa itu manufaktur? Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!