Apa Itu Nepotisme? Dampak Dari Perilaku Nepotisme

Apa Itu Nepotisme? Dampak Dari Perilaku Nepotisme

By

DatabaseArtikel.com-Pernahkan anda mendengar tentang nepotisme? Nepotisme adalah kegiatan penyelewengan kekuasaan. Kegiatan nepotisme biasanya terjadi pada proses perekrutan kerja.

Lantas, apa itu nepotisme? Apa dampak dari nepotisme? Yuk simak artilek berikut ini!

Apa Itu Nepotisme?

Nepotisme adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang dengan memanfaatkan jabatab atau posisi dalam suatu instansi untuk mengutamakan kepentingan keluarga dibandingkan kepentingan umum atau instansi.

Nepotisme merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan memilih orang bukan atas dasar kemampuannya, namun karena ada hubungan keluarga atau rekan.

Pendapat lain mengatakan bahwa nepotisme adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang yang memiliki kekuasaan dan pengaruh lebih dalam suatu instansi dengan lebih mengutamakan kedekatan pribadi.

Ciri-Ciri Nepotisme

Nepotisme memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali oleh publik. Ciri-ciri dari nepotisme adalah

  • Pelaksanaan jabatan dilakukan secara otoriter.
  • Perekrutan pegawai tidak dilakukan berdasarkan kemampuan atau keahlian, melainkan karena adanya hubungan pribadi seperti keluarga atau rekan dekat.
  • Penempatan atau pemberian posisi dilakukan berdasarkan kedekatan pribadi.
  • Tidak jujur dalam melakukan suatu amanat yang diberikan.
  • Terdapat kesenjangan atau ketidakadilan dalam hal pekerjaan atau fasilitas.

Jenis-Jenis Nepotisme

Nepotisme memiliki beberapa jenis. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis nepotisme.

Nepotisme Ikatan Keluarga

Nepotisme ikatan keluarga merupakan salah satu jenis nepotisme yang marak dilakukan. Nepotisme ikatan keluarga dilakukan dengan mengutamakan kepentingan keluarga dibandingkan kepentingan umum.

Hal tersebut dapat terjadi dalam perekrutan tenaga kerja, penempatan posisi, pemberian fasilitas, dan lain-lain.

Nepotisme College Tribalism

Nepotisme college tribalism adalah jenis nepotisme yang dilakukan berdasarkan dengan sesama perguruan tinggi atau jurusan.

Contohnya adalah ketika petinggi sebuah instansi berasal dari perguruan tinggi A, maka posisi-posisi dibawahnya hanya direkrut dari universitas A yang sama dengan petingginya.

BACA JUGA :   Fungsi Aplikasi Battery Doctor ? Maksimalkan Baterai Android

Organizational Tribalism

Organizational tribalism adalah jenis nepotisme yang dilakukan berdasarkan organisasi yang sama, seperti organisasi profesi, partai politik, dan lain-lain.

Institutional Tribalism

Intitutional tribalism adalah nepotisme yang dilakukan berdasarkan instansi diluar instansi yang sekarang.

Contohnya seperti atasan merupakan pindahan dari instansi A, maka atasan mengambil karyawan dari instansi A untuk menjadi pegawai di instansi yang dipimpinnya.

Dampak Perilaku Nepotisme

Pelaksanaan nepotisme dapat menimbulkan dampak buruk bagi banyak masyarakat, terutama dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa dampak dari nepotisme

  • Terjadinya diskriminasi dalam suatu upaya untuk mendapatkan kesempatan dalam berkarir. Hal tersebut dapat menjadikan turunnya motivasi kerja dan kinerja orang lain.
  • Dapat menimbulkan konflik antar sesama pegawai dalam suatu organisasi atau instansi apabila keluarga atau kerabat menduduki posisi yang penting.
  • Pelaksanaan nepotisme dapat menutup peluang orang lain untuk berkembang dalam suatu organisasi atau instanis.
  • Dapat menimbulkan pemikiran pragmatis dari masyarkat, karena dalam mendapatkan pekerjaan tidak menggunakan presaingan dan perekrutan secara umum, melainkan melalui jalur nepotisme.
  • Dapat menimbulkan kerusakan sosial yang besar karena pelaku nepotisme tidak memperdulikan kemapuan dan kualitas orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like