Apa Itu Otoriter? Otoriter Dalam Sistem Politik

Apa Itu Otoriter? Otoriter Dalam Sistem Politik

By

Pernahkah anda mendengar kata otoriter. Otoriter identik dengan penindasan yang dilakukan penguasa. Otoriter juga dapat diartikan sebagai sikap yang mengekang orang lain.

Lantas, apa itu otoriter? Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Otoriter?

Otoriter adalah suatu bentuk kekausaan yang terputas pada satu titik atau pemimpin. Bentuk kekuasaan otoriter sangat bertentangan dengan sistem demokrasi.

Otoriter sering dipahami sebagai bentuk pemerintahan yang menekankan pada suatu kekuasaan negara atau suatu individu tertentu tanpa memikirkan hal yang lainnya.

Kekuasaan yang terpusat itu sering kali tidak memperdulikan dampak bagi orang lain. Maka dari itu, otoriter dianggap bertolak belakang dengan demokrasi yang menggunakan pemilihan umum untuk mendapatkan kekuasaan.

Sistem Politik Otoriter

Dalam sebuah politik, otoriter juga dapat dijadikan sebuah sistem untuk memimpin dan memerintah.

Dalam sistem politik otoriter, sistem pemerintahan dipegang oleh beberapa orang petinggi atau bahkan satu orang yang paling berkuasa.

Ciri-Ciri Sistem Politik Otoriter

Sistem politik otoriter memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan sistem lain. Berikut penjelasannya.

  • Negara memiliki satu ideologi yang digunakan untuk mengatur kehidupan warga negaranya dan setiap warga negara harus patuh terhadap ideologi tersebut.
  • Dalam suatu negara hanya mempunyai satu partai politik.
  • Sistem otoriter yang kuat terhadap warga negaranya melalui kekuatan militer negara.
  • Pengelolaan pemerintahan suatu negara berpusat pada sektor ekonomi yang dilakukan oleh para birokrasi negara.
  • Setiap aktivitas warga negara diawasi dan dipantau oleh pemerintah. Pengawasan dilakukan untuk meneror warga negara dengan segala cara seperti polisi rahasia dan alat-alat pengintai.
  • Memantau semua media massa pada negara tersebut yang dilakukan oleh pengusa.

Prinsip Sistem Politik Otoriter

Sistem politik otoriter memiliki beberapa prinsi-prinsip yang biasa dilakukan untuk menjalankan pemerintahan. Berikut penjelasan tentang prinsip-prinsip otoriter.

  • Adanya kekuasaan yang terpusat dalam suatu negara. Lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif menjadi satu kesatuan yang dipegang dan dijalankan oleh satu orang atau satu organisasi.
  • Hanya terdapat satu partai politik dalam suatu negara. Meskipun dalam suatu negara terdapat beberapa partai, namun hanya satu partai yang mendominasi di negara tersebut.
  • Sistem pemerintahan tidak didasarkan pada suatu konstitusi, melainkan dijalankan melalui landasan kekuasaan pemimpin.
  • Terdapat perbedaan perlakukan di depan hukum dan dasar negara kekuasaan berlandaskan supremasi kekuasaan.
  • Pembentukan suatu pemerintahan dalam suatu negara tidak dilandaskan berdasarkan musyawarah.
  • Tidak menganut sistem demokrasi dalam melaksanakan pemilihan umum. Pemilihan umum hanya digunakan utnuk menguatkan penguasa.
  • Penguasa dapat ikut campur dalam suatu peradilan negara.
BACA JUGA :   Apa itu Keywords Everywhere - Keyword Tool ? untuk SEO ?

Kelebihan Sistem Otoriter

Meskipun sistem otoriter terlihat sebagai sistem yang kejam dan hanya menguntungkan bagi penguasa. Namun, sistem otoriter memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem lainnya.

Kelebihan dari sistem otoriter adalah kekuasaan penuh yang dimiliki oleh pemimpin atau presiden dalam menjalankan sistem pemerintahan disuatu negara.

Selain itu, konflik antar warga negara akan berkurang karena adanya pengawasan penuh dan ketat dari penguasa terhadap hal-hal yang dapat memicu terjadinya konflik.

****

Demikianlah artikel tentang apa itu otoriter? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like