Apa Itu Reksadana? Keuntungan Dan Resiko Investasi Di Reksadana

Apa Itu Reksadana? Keuntungan Dan Resiko Investasi Di Reksadana

By

DatabaseArtikel.com-Seiring dengan perkembangan jaman, investasi merupakan salah satu cara untuk membangun keuangan masa depan anda menjadi lebih baik. Jangan menunggu tua untuk berinvsestasi.

Mulailah berinvestasi ketika anda masih muda dan produktif.

Sebelum keuangan anda jatuh, ada baiknya mengimbangkan keuangan anda dengan berinvestasi. Mungkin anda akan bertanya investasi apa? Dimana? Bagaimana caranya?

Baiklah, pada artikel ini saya akan membahas tentang produk investasi yang dapat anda beli dengan modal yang sangat terjangaku dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, yakni reksadana.

Lantas, apa itu reksadana? Yuk, simak artikel ini!

Apa Itu Reksadana?

Reksadana adalah salah salah satu investasi yang dikhususkan bagi para pemodal, khususnya pemodal kecil yang tidak memiliki banyak waktu dan pemula dalam berinvestasi.

Selain itu reksadana dirancang untuk dapat meningkatkan peran para pemodal lokal untuk dapat berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Modal yang di investasikan dalam reksadana akan dikelola oleh manajer investasi yang didukung oleh tenaga profesional dalam bidangnya.

Sebagai gambarannya, Anda tak perlu modal puluhan juta untuk berinvestasi di reksadana.

Sistem pengolahan dalam reksadana sangat sederhana, Anda hanya perlu menaruh sejumlah uang untuk membeli reksadana dan memilih jenis reksadana yang diinginkan.

Selanjutnya, manajer investasilah yang akan mengelola investasi Anda.

Jenis-Jenis Reksadana

Ketika anda akan berinvetasi di reksadana, pahami terlebih dahulu jenis-jenis investasinya. Secara umum, investasi pada reksadana terdiir dari 4 macam, yakni.

Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang adalah salah saru jenis investasi yang diperuntukkan pada jenis instrumen investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo yang singkat.

BACA JUGA :   Apa Itu Body Shaming? Pahami Dampak Berbahaya Akibat Body Shaming.

Bentuk instrumen investasinya dapat berupa deposit berjanga, sertifikat, sertifikat bank Indonesia, surat berharga pasar uang, dan lain-lain.

Tujuan dari reksadana pasar uang adalah untuk menjaga likuiditas modal dan memelihara modal. Resiko yang terdapat dalam reksadana pasar uang tergolong paling rendah dibandingkan jenis lainnya.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan alah satu jenis reksadana yang dilakukan dengan cara menginvestasikan minimal 80% modal yang anda miliki dalam bentuk efek utang dan obligasi.

Tujuan dari reksadana pendapatan tetap adalah untuk menghasilkan pengembalian yang stabil bagi para pemodal.

Namun, resiko yang dihasilkan pada reksadana pendapatan tetap lebih besar dibandingkan reksadana pasar uang.

Reksadana Campuran.

Reksadana campuran adalah jenis investasi yang dilakukan dengan mengalokasikan dana dalam bentuk yang bervarisai.

Betuk alokasi dana untuk investasi dapat berupa saham yang dikombinasikan dengan obligasi.

Tujuan dari reksadana campuran adalah untuk menumbuhkan harga dan pendapatan pemodal.

Reksadana Saham

Reksadana saham adalah jenis reksadana yang dilakukan dengan menginvestasikan dananya minimal 80% dalam bentuk efek saham.

Tujuan dari reksadana saham adalah untuk pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang. Resiko yang ditimbulkan dalam reksadana saham terbilang cukup tinggi dari jenis reksadana lainnya.

Namun, reksadana saham memiliki tingkat pengembalian yang tinggi.

Keuntungan Berinvestasi Di Reksadana

Investasi menggunakan reksadana dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi anda. Anda dapat melakukan investasi tanpa modal yang besar.

Melalui reksadana, anda dapat merasakan keuntungan yang besar meskipun anda tergolong sebagai investor pemula.

Dengan menggunakan reksadana, anda tidak perlu repot untuk memantau kinerja investasinya. Karena semua investasi yang masuk di reksadana akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya.

BACA JUGA :   Apa itu Code QR / Kode QR ? dan Cara Cek & Buat di Android, PC

Resiko Investasi Di Reksadana

Apa Itu Reksadana? Keuntungan Dan Resiko Investasi Di Reksadana
Apa Itu Reksadana? Keuntungan Dan Resiko Investasi Di Reksadana

Seperti produk investasi lainnya, selain terdapat beberapa keuntungan, berinvestasi di reksadana juga memiliki beberapa resiko.

Salah satu resiko yang mungkin akan didapat oleh para investor adalah kurangnya nilai unit penyertaan. Selain itu, penjualan kembali atas unit-unit yang dimiliki oleh para investor merupakan salah satu resiko yang terdapat dalam reksadana.

Kondisi tersebut dapat mengakbatkan manajer investasi kesulitan untuk menyediakan uang tunai atas redemption tersebut.

****

Nah, sekarang sudah paham kan apa itu reksadana? Seiring dengan perkembangan jaman, investasi merupakan salah satu cara untuk untuk menyiapkan masa depan anda menjadi lebih baik. Terdapat berbagai macam manajer investasi dan bank penjual reksadana.

Untuk memulai investasi, anda harus konsisten dan disiplin melakukannya. Sebagai pemula, mulailah berinvestasi dengan modal kecil namun konsisten. Selamat berinvestasi!.

Banyak dicari Netizen:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like