Apa Itu Supervisor? Tugas Supervisor Dan Tanggung Jawab Supervisor

Apa Itu Supervisor? Tugas Supervisor Dan Tanggung Jawab Supervisor

By

Dalam sebuah perusahaan, terdapat seorang pegawai yang bertugas sebagai supervisor. Soerang supervisor biasa memiliki sebuah tim yang beranggotakan para staff karyawan.

Supervisor dalam sebuah perusahaan bertugas untuk mengawasi pekerjaan bawahannya.  Selain mengawasi, supervisor memiliki beberapa tugas lainnya.

Lantas, apa itu supervisor? Apa tugas dari supervisor? Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Supervisor?

Supervisor adalah posisi seorang pegawai dalam sebuah perusahaan yang diberikan wewenang dan kuasa untuk memberikan perintah kepada pegawai bawahannya dengan merujuk pada arahan jabatan di atasnya.

Kata supervisor berasala dari bahasa inggris yakni “supervie” yang memiliki arti mengawasi atau mengarahkan. Jika dilihat dari segi bahasa, supervisor adalah orang yang berwenang untuk mengawasi atau mengarahkan untuk mengendaikan suatu pelaksanaan lainnya.

Supervisor memiliki tugas yagn berbeda-beda pada setiap perusahaan. Namun, tugas supervisor secara umum adalah untuk mengawasi kegiatan bawahannya dalam pelaksanaan produksi suatu perusahaan agar berjalan dengan lancar.

Supervisor memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua pekerjaan berjalan dengan baik.

Selain itu, supervisor juga bertanggung jawab terhadap berjalannya proses produksi, keamanan, dan keselamatan kerja bawahannya.

Kedudukan Supervisor

Supervisor memiliki kedudukan sebagai manajer pada staff karyawan dan memiliki tanggung jawab kepada manajer yang lebih tinggi diatasnya.

Supervisor merupakan orang yang menghubungkan manajemen sebuah perusahaan dengan para staff karyawan.

Maka dari itu, seorang supervisor masuk dalam jajaran manajemen dalam sebuah perusahaan, namun memiliki peran yang sedikit berbeda dari anggota manajemen lainnya.

Untuk menjalankan tugasnya, seorang supervisor harus diterima dan di hormati oleh para staff karyawan dan para manajer diatasnya. Hal ini tak lepas dari fungsi supervisor sebagai penghubung antara staff karyawan dan manajemen perusahaan.

BACA JUGA :   Apa Itu Posesif? Kenali Tanda-Tanda Posesif Dan Cara Menghilangkan Sikap Posesif

Fungsi Supervisor

Secara umum, supervisor memiliki beberap fungsi yang menjadi dasar dari pekerjaannya. Berikut adalah beberapa fungsi supervisor.

  • Menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan terlebih dahulu sebelum manajer dan atasannya turun tangan untuk menyelesaikannya.
  • Menjadi penghubung antara staff karyawan dengan para atasan atau manajer dan sebaliknya.
  • Meneria segala kritik, saran, berbagai keluhan dari para staff untuk disampaikan kepada atasan atau manajer.

Tanggung Jawab Seorang Supervisor

Seorang supervisor memiliki beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan dan dijalani. Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang supervisor.

Planning

Seorang supervisor harus dapat melakukan planning atau merencanakan sebuah proges kegiatan yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan agar dapat memenuhi target perusahaan.

Ordanizing

Setelah merancang sebuah progres, seorang supervisor memiliki tanggung jawab untuk melakukan koordinasi kepada tim di bawahnya agar pekerjaan sesuai dengan progres yang dirancang.

Staffting

Supervisor memiliki tugas untuk membagikan tugas kepada bawahannya sesuai dengan keahlian para bawahannya agar pekerjaan yang diberikan dapat dikerjakan secara maksimal.

Directing

Supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan yang dilakukan bawahannya agar sesuai dengan planning yang dibuat.

Controlling

Controlling adalah kegiatan yang dilakukan oleh supervisor untuk mengontrol pekerjaan para bawahannya agar pekerjaan yang dihasilkan dapat maksimal dan sesuai planning awal.

Ciri-Ciri Supervisor

Seorang supervisor memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat dari sikap dan dalam melaksanakan pekerjaan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri supervisor.

  • Karakter yang pastinya seorang supervisor harus jujur dalam semua perbuatan dan bertanggung jawab atas apa yang sudah ia katakan.
  • Koperatif selain dari karkter seoran supervisor harus kooperatif. Supervisor harus apat menjalin kerjasama antar atasan maupun bawahan dan konsumen sekaligus.
  • Kompeten apabila seorang supervisor tidak kompeten dalam bidangnya tentu saja ia tidak bisa mengerjakan pekerjaannya sesuai standart yang ada.
BACA JUGA :   Apa Itu Stakeholder? Funsi Stakeholder Dan Jenis-Jenis Stakeholder

****

Demikianlah artikel tentang apa itu supervisor? Somoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!