Apa Itu Toleransi? Manfaat Dan Ciri-Ciri Sikap Toleransi

Apa Itu Toleransi? Manfaat Dan Ciri-Ciri Sikap Toleransi

By

Pernahkah andai mendengar kata toleransi? Dalam kehidupan sehari-hari, toleransi merupakan sikap menghargai perbedaan yang ada antar setiap manusia. Di Indonesia, toleransi sering digunakan dalam menyikapi perbedaan yang ada di masyarakat.

Lantas, apa itu toleransi? Jika anda tidak mengetahuinya, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Toleransi?

Toleransi merupakan suatu sikap untuk saling menghargai dan menghormati antara sesama masyarakat yang memiliki banyak perbedaan seperti pendapat, agama, ras, bidaya, dan lain-lain.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa toleransi adalah suatu kemampuan sesorang untuk dapat menahan diri dan sabar dalam menerima suatu keberadaan opini dan perilaku seseorang yang tidak disetujui.

Kata toleransi berasal dari bahasa latin yakni “tolerare” yang memiliki arti menahan diri, sabar, atau membiarkan sesuatu terjadi.

Merujuk dari arti kata toleransi, dapat didefinisikan bahwa toleransi adalah perilaku untuk menghormati sesama manusia sesuai aturan dan norma yang ada.

Jenis Toleransi

Toleransi memiiki beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis toleransi.

Toleransi Agama

Di dunai, agama memiliki beberapa macam. Toleransi dalam hal agama merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam dirinya.

Jika tidak ada toleransi dalam beragama, maka akan mengakibatkan perpecahan dan peperangan yang terjadi akibat perbedaan agama.

Toleransi Budaya

Toleransi dalam hal budaya sangat penting untuk dipahami oleh setiap masyarakat. Karena setiap daerah di dunia memiliki budaya dan adat yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Toleransi dalam berbudaya dapat dilakukan dengan menggunakan regulasi yang dapat mengatur keanekaragaman yang ada.

BACA JUGA :   Apa Itu Copywriting? Cara Menulis Copywriting Dengan Baik

Toleransi Politik

Toleransi politik merupakan salah satu jenis toleransi. Dalam politik, banyak terjadi perpedaan pilihan dalam masyarakat bahkan di lingkungan keluarga. Perbedaan pilihan politik sering mengakibatkan masalah sosial.

Dengan adanya toleransi berpolitik, diharapkan masyarakat mampu menghargai pilihannya masing-masing.

Manfaat Toleransi

Toleransi memiliki beberapa manfaat bagi diri sendiri dan dalam kehidupan bermasyarat. Berikut beberapa manfaat dari toleransi.

Menghindari Perpecahan Dan Peperangan

Menerapkan toleransi dalam setiap masyarakat dapan menjadi modal utama untuk menghindari perpecahan dan perang dalam kehidupan bermasyarakat.

Toleransi dalam beragama merupakan jenis toleransi yang paling penting untuk dimiliki oleh setiap masyarakat. Karena masalah perbedaan agama merupakan hal yang paling krusial yang dapat mengakibatkan konflik.

Mempererat Hubungan Antar Manusia

Dengan sikap toleransi antar masyarakat, dapat mempererat hubungan antar manusia. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan toleransi, setiap manusia dapat bertukar pikiran dan pendapat untuk menghasilkan keputusan yang baik.

Memperkuat Iman

Dengan menerapkan sikap toleransi, setiap manusia dapat meningkatkan imannya untuk menghargai perbedaan yang ada antar sesama manusia.

Penerapan iman dalam setiap kegiatan merupakan cerminan akan keberhasilan penngaplikasian toleransi.

Menimbulkan Rasa Cinta Negara

Toleransi antara warga negara dapan menjadikan negara semakin besar dan kuat. Hal tersebut dikarenakan terdapat sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan antara warga negara.

Dengan menerapkan sikap toleransi dalam berbangsa dan bernegara, dapat menimbulkan sikap nasionalisme dalam hidupnya.

Dapat Mengendalikan Sikap Egois

Sikap toleransi dapat digunakan untuk mengendalikan bahkan menghilangkan sikap egois. Dengan sikap toleransi, manusia dapat menerima keberadaan orang lain meskipun berbeda dalam segala hal.

Ciri-Ciri Sikap Toleransi

Sikap toleransi pada setiap orang dapat diketahui dengan memperhatikan perilaku orang terhadap lingkungan sekitar. Berikut adalah ciri-ciri sikap toleransi.

  • Menghargai dan menghormati orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan ras.
  • Menghargai pendapat orang lain yang berbeda.
  • Berbuat baik kepada orang lain tanpa memandang agama, suku, dan ras.
  • Memberikan kebebasan untuk beribadah kepada setiap orang sesuai dengan kepercayaanya dan tidak melakukan intimidasi meskipun berbeda kepercayaan.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang, meskipun berbeda agama, suku, dan ras.
BACA JUGA :   Apa Itu Revolusi Industri 4.0? Keuntungan Dan Dampak Adanya Revolusi Industri 4.0

****

Demikianlah artikel tentang apa itu toleransi? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!