Apa Itu Vertigo? Penyebab Vertigo Dan Cara Pengobatannya

Apa Itu Vertigo? Penyebab Vertigo Dan Cara Pengobatannya

By

Apakah anda pernah mendengar tentang vertigo? Vertigo merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa.

Orang yagn mengalami vertigo akan merasa pusing dan benda di sekelilingnya seakan berputar secara cepat. Vertigo juga dapat mengakibatkan rasa mual dalam tubuh.

Lantas, apa itu vertigo? Apakah sebuah penyakit berbahaya? Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merupakan suatu kondisi dimana seseorang akan merasakan benda-benda di sekitarnya bergerak dan berputar. Vertigo mengakibatkan hilangnya keseimbangan tubuh seseorang yang dapat mengakibatkan kesuliatan untuk berdiri dan berjalan.

Selain itu, vertigo dapat mengakibatkan rasa sakit yang sangat tinggi pada bagian kepala dan disertai dengan mual-mual pada perut.

Vertigo bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Vertigo dapat menyerang siapa saja, terutama pada orang dewasa dan orang tua.

Namun, terkadang vertigo datang secara tiba-tiba dan dapat berlangusng dalam durasi yang lama.

Penyebab Vertigo

Vertigo terdiri dari dua jenis, yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Dari kedua jenis tersebut, vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang sering terjadi.

Vertigo Sentral

Vertigo sentral adalah vertigo yang terjadi akibat adanya masalah dalam bagian otak kecil. Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan vertigo sentral, yakni.

  • Stroke.
  • Konsumsi obat.
  • Tumor otak.
  • Migrain.
  • Gangguan sinyal saraf

Verigo Perifer

Vertigo periver adalah jenis vertigo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Vertigo perifer terjadi akibat adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan tubuh.

BACA JUGA :   Apa itu SnapChat ? Fitur dan Kegunaannya Terbaru 2019.

Gangguan telinga bagian dalam biasanya disebabkan oleh inveksi virus yang mengakitbatkan rasa sakit dan pusing.

Gejala Vertigo

Vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan dapat berlangsung dalam durasi waktu yang tidak tentu. Namun, apabila akan terkena vertigo, terdapat beberapa gejala yang terjadi selama beberapa hari yang dapat menggangu aktivitas sehari-hari.

Gejala yang sering terjadi ketika mengalami vertigo adalah kondisi lingkungan sekitar berputar disertai dengungan pada telinga.

Selain itu, adanya rasa mual pada perut seakan ingin muntah.

Berikut adalah beberapa gejala vertigo yang biasa dirasakan.

  • Masalah keseimbangan.
  • Pusing.
  • Rasa mabuk perjalanan.
  • Mual dan muntah.
  • Dering di telinga (tinnitus).
  • Perasaan penuh di telinga.
  • Nistagmus, di mana mata bergerak tak terkendali biasanya dari sisi ke sisi.

Pengobatan Vertigo

Penyakit vertigo dapat di obati. Namun, pengobatan yang dilakukan terhadap pengidap vertigo dilakukan berdasarkan penyebabnya.

Namun, dalam beberapa kasus, vertigo dapat hilang dengan sendirinya tanpa melalui pengobatan. Hal tersebut dapat terjadi ketika otak pasien dapat mengatasi dan beradaptasi dengan adanya perubahan pada tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan kepada pengidap vertigo.

Rehabilitasi Vestibular

Rehabilitasi vestibular merupakan salah satu jenis terapi fisik yang digunakan untuk memperkuat sistem vestibular pada manusia.

Sistem vestibular digunakan untuk mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan tubuh dan kepala. Rehabilitasi vestibular dilakukan kepada pengidap vertigo yang terjadi secara berulang-ulang.

Manuver Reposisi Kanalit

Manuver reposisi kanalit adalah serangkaian gerakan khusus yang digunakan utnuk kepala dan tubuh dalam menangani BPPV.

Gerakan yang dilakukan digunakan untuk memindahkan kalsium keluar ke telinga bagian dalam agar dapat diserap oleh tubuh.

Obat Resep

Obat-obatan dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit vertigo. Namun, obat-obatan yang digunakan harus dalam resep dokter agar tidak terjadi kesalahan.

BACA JUGA :   Apa Itu Reksadana? Keuntungan Dan Resiko Investasi Di Reksadana

Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi vertigo adalah antihistamin, seperti betahistine. Benzodiazepine, seperti diazepam dan lorazepam. Anti-muntah, seperti metoclopramide.

Operasi

Operasi dapat dilakukan kepada penderita vertigo yang diakibatkan oleh masalah yang serius seperti tumor atau cidera pada otak.

Operasi yang dilakukan dapat membantu meringankan penderita vertigo.

****

Demikianlah artikel tentang apa itu vertigo? semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like