Cara Mengatur Bluestacks 4 Agar tidak Ngelag & Menutup Sendiri

9 Cara Mengatur Bluestacks 4 Agar tidak Ngelag & Menutup Sendiri

By

DatabaseArtikel.com – Salah satu emulator android yang dapat anda pakai di laptop / komputer untuk memainkan dan menjalankan aplikasi android adalah bluestacks.

Pada beberapa masalah atau problem dari pengguna Bluestacks ini adalah mengalami yang namanya ngelag. Atau hasil dari aplikasi android yang dijalankan dengan emulator ini tidak maksimal hasilnya.

Terkadang juga pada beberapa laptop / komputer dengan spesifikasi low mengalami yang namannya force close atau bluestacks menutup sendiri secara tiba tiba.

Nah karena masalah tersebut disini admin akan berbagi pengaturan bluestacks yang bisa meninkatkan performanya. Agar bisa dipakai dengan mudah dan lancar alias tanpa ngelag.

Sebelum anda lihat panduannya berikut ini ada syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Pasalnya sebelum intall Bluestacks anda harus dan wajib memenuhi kriteria berikut ini.

  1. Anda harus menjadi Administrator di PC Anda. 
  2. PC Anda harus memiliki 2GB RAM / memori utama. (Perhatikan bahwa memiliki ruang disk 2GB atau lebih bukanlah pengganti RAM)
  3. PC Anda harus memiliki ruang disk 4GB yang tersedia untuk menyimpan aplikasi / game Android dan datanya.
  4. Anda harus menginstal Dirext X 9.0 atau lebih tinggi di sistem Anda
  5. Driver untuk driver grafis PC Anda harus diperbarui untuk kompatibilitas dengan BlueStacks.

Setelah syarat diatas terpenuhi sekarang waktunya untuk memaksimalkan hasil penggunaan bluestacks di PC / laptop kalian.

Berikut cara caranya :

Pengaturan Bluestacks 4 Agar tidak lemot guys.

Oh ya disini admin pakai bluestacks versi terbaru yaitu BLUESTACKS 4 yang bisa anda download disini.

Pertama yang harus anda lakukan adalah masuk menu pengaturan bluestacksnya seperti pada gambar berikut. Klik Menu Setting.

BACA JUGA :   7 Tahap Cara Rekam Layar Jadi GIF Mudah dan Cepat, EZ loh

Pengaturan Pertama :

Pengaturan Display

pengaturan bluestacks agar lancar bagian display

Display : Untuk resolusi gunakan dan pilih System Default agar tampilannnya sesuai dengan resolusi yang dipakai pada laptop / komputer anda.

DPI : Untuk yang belum tahu apa itu DPI adalah DOT PER INCH yang merupakan suatu ukuran hasil cetak atau visual, kumpulan titik di dalam suatu bentukan linier dalam ukuran inchi (2,54 cm). Nilai dari DPI (Dot per Inch) sangat terhubung secara tidak langsung dengan resolusi / ketajaman gambar. Untuk anda yang memiliki spek laptop minim saran saya gunakan 240 DPI saja jika terlalu kecil juga tidak baik untuk mata (tampilan kurang tajam maksudnya.)

Kita masuk ke Menu Engine nya sekarang. Untuk graphic mode terdapat 2 pilihan yang bisa dipilih antara DirectX dan OpenGL. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Secara sederhana saja OpenGL menawarkan standar grafik yang sederhana, sedang DirectX adalah framework yang digunakan pada beberapa bisan seperti graphics, input (directinput), networking (directplay), dan sound (directsound). Sedangkan pesaingnya, OpenGL, hanya memfocuskan diri pada standar grafik saja.

CPU and RAM Allocation

pengaturan engine bluestacks

Untuk CPU Core kita pilih yang paling tinggi saja agar performa lebih maksimal. Untuk memori RAM nya gunakan maksimal yang direkomendasikan oleh bluestacksnya saja.

Pengaturan FRAME RATE (FPS)

Fps atau frame per second adalah banyaknya frame yang ditampilkan per detiknya semakin tinggi frame ratenya semakin halus pergerakan grafik yang ada di Bluestacksnya.

Namun untuk komputer dengan spesifikasi low tentu saja akan membuatnya akan semakin ngelag jika terlalu tinggi. Dan juga akan terlihat patah patah jika terlalu kecil juga.

Anda bisa mengatur FPS antara 20-60 fps sesuaikan saja dengan kebutuhan.

BACA JUGA :   9+ Aplikasi DOWNLOAD MANAGER Laptop / PC di Windows Gratis

Untuk aktifkan kualitas jernih anda bisa pilih centang kolom Enable high frame rate

Game Setting.

pengaturan game settings bluestacks

Sekarang kita lompat ke menu Game Setting. Menu ini khusus untuk anda yang ingin memakai emulator android bluestacks ini untuk bermain game terutama (PUBG MOBILE).

Terdapat 2 pengaturan yang bisa dipilih antara Gaming resolution dan Display Quality. untuk gaming resolution semakin tinggi pengaturan yang dipilih anda GPU untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

Untuk display Quality kita pilih auto saja agar si bluestacks otomatis memilih sesuai spesifikasi laptop / pc kita.

Jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpang pengaturan perubahan.

Optimasi tambahan lainnya.

  • Mematikan antivirus,
  • Matikan Menu Hyper V atau mesin virtual seperti VMware atau virtualBox.
  • Atur dan tingkatkan power plan.
  • Upgrade komputer anda.

Selengkapnya bisa dilihat disini. (lihat di Menu Speed UP tips)

pengaturan tambahan untuk bluestacks

***

Selain tips tips dan pengaturan diatas cara efektif lainnya bisa mematikan aplikasi yang sedang berjalan dan tidak digunakan.

Terima kasih sudah berkunjung di situs ini apabila ada pertanyaan terkait bluestacks bisa diajukan di kolom komentar dibawah ini. Tutorial lain bisa dilihat disini 5 Cara Install Aplikasi Android di PC, Laptop dengan BlueStacks 4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!