السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Cara Menghemat Baterai Laptop di Linux (Semua Distro) Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai Laptop di Linux (Semua Distro) Tahan Lama

By

DatabaseArtikel.com – Cara agar baterai laptop tidak cepat habis di sistem operasi linux dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

Salah satu kendala dari linux adalah tidak adanya fitur penghematan daya seperti halnya di windows. Seperti pengaturan balance performance dan lainnya tidak ada dilinux hal ini berpengaruh besar bagi daya tahan baterai linux yang cepat habis.

Tidak semua distro linux memiliki fitur hemat daya ada salah satu distro linux yang memiliki fitur penghematan daya ini yaitu DEEPIN OS dan untuk kalian yang belum tahu admin sudah jelaskan artikelnya disini. Sistem Operasi (OS) Linux Mirip Windows dan MAC Apple, Download !

Nah untuk kali ini admin akan bahas beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai android anda di sistem operasi linux dengan ini laptop anda tidak akan cepat boros baterai dan dapat digunakan lebih lama lagi.

Bagaimana caranya ? Berikut tips – tips nya simak.

Cara Menghemat Baterai Laptop OS LINUX.

1. Turunkan Kecerahan layar (Brightness)

Semakin terang layar yang ditampilkan di laptop anda maka akan semakin besar energi yang diambil dari baterai laptop anda. Terutama di linux semakin terang layar laptop kalian maka daya baterai anda akan semakin banyak digunakan.

Tidak hanya itu menaikkan level kecerahan layar di laptop dapat membuat layar anda akan cepat dan mudah panas karena cahaya yang dikeluarkan besar.

Untuk itu kurangi kecerahan layar atau brightness di layar laptop anda agar laptop anda akan semakin awet dalam penggunaan baterai anda.

Baca Juga : 2 Cara Mengatur Kecerahan Layar di Linux Deepin OS

2. Tutup Aplikasi Berjalan yang tidak digunakan.

Pengguna linux sering kali membuka banyak sekali program utamanya seperti terminal, dan tahukah kalian penggunaan penggunaan banyak terminal yang berjalan dapat membuat baterai anda akan cepat habis dikarenakan program tersebut akan mengambil resource secara terus menerus.

Maka dari itu jika kalian ingin baterai laptop tetap hemat yaitu dengan menutup program yang berjalan seperti terminal jika tidak digunakan dari pada berjalan dan memakan daya baterai lebih baik untuk diclose.

Efeknya mungkin tidak terasa jika satu program saja namun jika sudah banyak maka akan terasa dampaknya.

Baca Juga : Cara Cek Aplikasi yang Banyak Memakan Baterai Android di Semua HP

3. Matikan Koneksi internet.

Bagi para pengguna linux internet sangat dibutuhkan untuk memasang aplikasi atau program melalui terminal dan juga untuk melakukan update atau lainnya.

cara menghemat baterai laptop di linux
Matikan Koneksi Internet laptop

Namun penggunaan internet ini sangat berpengaruh pada daya tahan baterai laptop anda karena aktifitas download dan upload yang terus menerus berjalan akan memaksa baterai penggunakan daya yang cukup besar

Tidak hanya itu koneksi interner jika digunakan lama dilinux akan membuat linux cepat mudah panas pada bagian keseluruhan laptop anda.

Jadi matikan jika tidak perlu dengan disconnect sambungan internet baik lewat WIFI Hotspot maupun via kabel.

Baca Juga : Cara Uji Kecepatan Koneksi Internet (Mobile & WIFI) dengan Google

4. Kurangi Efek jendela.

Di linux kelebihan dalam custom tampilan dan memberikan efek jendela sangat mudah diterapkan dibandingkan dengan windows. Banyaknya pilihan efek yang dapat membuat tampilan linux anda akan semakin cantik untuk digunakan.

Dan perlu diketahui semakin banyak efek yang terpasang di os linux anda maka semakin besar borosnya baterai laptop anda. Maka kurangi pengguna efek jendela atau matikan beberapa fiturnya.

Anda tinggal pilih efek yang menarik atau lebih hemat baterai.

5. Cabut Perangkat USB / CD.

Terutama bagi anda yang sering mencolok USB di laptop linux anda. Ketika USB flashdisk terapasang maka flashdisk akan mengambil daya dari laptop anda untuk dapat membaca isi file didalamnya dan juga untuk keperluan lampunya.

Untuk itu untuk menghemat baterai di linux usahakan untuk tidak sering memasang USB terlalu lama di laptop anda. Tidak hanya USB Flashdisk juga seperti USB Mouse atau keyboard eksternal juga berpengaruh.

Dan Untuk CD / DVD yang terpasang untuk membacanya akan juga berpengaruh pada daya baterai anda ketika kepingan CD berputar tentu akan mengambil daya yang besar dari baterai jika dalam penggunaan jangka waktu yang lama.

6. Jaga kebersihan Sirkulasi Udara di laptop.

cara menghemat baterai laptop di linux
sirkulasi udara laptop lancar

Sirkulasi udara yang lancar dapat membuat laptop anda tidak mudah panas karena udara berjalan lancar keluar dan tidak diam didalam yang menyebabkan mesin dalam laptop menjadi panas.

Jika komponen dalam laptop panas bisa mengakibatkan borosnya penggunaan daya baterai anda dan juga jika terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan fisik pada baterai laptop seperti cepat boros atau tidak bisa dicharger.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Digunakan / Dipakai

Nah itulah beberapa Cara Menghemat Baterai Laptop di Linux (Semua Distro) Tahan Lama semoga dapat bermanfaat untuk teman teman semua. Dan apabila memang terjadi kerusakan pada baterai laptop anda bisa membeli baterai baru untuk memaksimalkan cara cara diatas.

Untuk yang ingin membeli baterai laptop baru secara online agar tidak tertipu dan barang baterai asli tidak KW pastikan anda sudah melakukan hal berikut 9 Tips Cara Membeli Baterai Laptop di Toko Online Semua Merk

Demikian artikel dari admin yang dapat saya sampaikan dan jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar tutorial dan tips trik menarik lainnya di Situs ini DatabaseArtikel.com Terima kasih sudah berkunjung.


Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like