fbpx
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

× Perhatian !!Dapatkan Informasi Terbaru Hari ini Klik Disini
Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android (Virus & Malware)

Cara-Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android (Virus & Malware)

By

DatabaseArtikel.com – Sistem operasi Android saat ini sudah sangat banyak sekali penggunaannya dan banyaknya aplikasi aplikasi terus update dan terbaru pada aplikasi Android anda. Dengan adanya pengguna ini seringkali mendapatkan hal yang buruk seperti halnya aplikasi-aplikasi yang membawa virus atau malware yang bisa merusak Android kita oleh karena itu perlu adanya cara untuk mengantisipasinya.

Aplikasi berbahaya tersebut biasanya dibuat oleh para hacker untuk perusahaan Android kita melalui aplikasi-aplikasi yang dibuatnya yang disisipi virus atau malware. Banyak dampak yang bisa dihasilkan dari aplikasi berisi virus ini terhadap kita salah satunya adalah rusaknya Android kita seperti menurunnya performa smartphone.

Aplikasi aplikasi berbahaya tersebut sulit sekali untuk dikenali Apakah ada virus di dalamnya atau tidak. Namun kita perlu melakukan antisipasi dengan cara-cara berikut ini yang bisa gunakan untuk menghindari aplikasi yang berbahaya yang akan menghancurkan smartphone anda.

Terlebih aplikasi saat ini sudah banyak dibuat oleh para Developer dan banyak pula aplikasi yang melakukan penggandaan sehingga mirip dengan aplikasi aslinya namun aplikasi tersebut sangat berbahaya bagi ponsel Anda karena berisi banyak sekali virus berbahaya di dalamnya apabila kalian instal aplikasi tersebut.

Namun bagaimana caranya untuk memilih dan instal aplikasi yang aman untuk Android kita caranya cukup mudah sekali cukup ikuti panduan panduan berikut ini :

Cara Menghindari Virus masuk Kedalam Android.

1. Hindari Pemasangan aplikasi Pihak Ketiga.

Yang pertama ini adalah hal yang paling sering kalian lakukan bukan aplikasi aplikasi yang kalian download yang bukan dari situs resmi bisa jadi berisi virus atau malware akan berpengaruh pada jika anda instal aplikasi tersebut oleh karena itu maka gunakan situs-situs yang sudah terpercaya keamanannya.

Aplikasi pihak ketiga ini biasanya kan otomatis diblokir oleh Android Anda karena mungkin saja aplikasi tersebut berbahaya bagi Android Anda maka perlu berhati-hati apabila download aplikasi yang bukan dari situs resmi nya

Situs pihak ketiga ini biasanya didapat dari share link download yang dibagikan secara bebas di sosial media karena sumber tidak jelas maka kalian perlu berhati-hati pada saat install aplikasi yang kalian download tersebut.

2. Gunakan Google Playstore.

Jelas download aplikasi Play Store bisa dapatkan aplikasi yang aman karena Google sendiri yang akan melakukan pengecekan keamanan pada aplikasi tersebut.

Anda bisa menginstal aplikasi Google Play Store di android anda dan apabila anda ingin mencari aplikasi aplikasi Android di PC bisa menggunakan situs APK Downloader seperti pada artikel berikut ini.

Baca : cara download aplikasi Android di PC atau laptop

Google Play Store sendiri sudah sangat banyak penggunanya dan aplikasi Android ini bisa kalian jalankan dengan aman tapi takut adanya virus atau Malware di dalamnya

3. Hindari aplikasi Mod. Atau Redesain Ulang

bahaya Aplikasi MOD di android
bahaya Aplikasi MOD di android

Aplikasi-aplikasi saat ini sering ditemukan aplikasi mod atau aplikasi yang berisi cheat atau aplikasi yang sudah diedit yang sudah berbeda dengan aplikasi aslinya. Kita tidak tahu apakah aplikasi tersebut aman untuk digunakan atau malah berisi virus yang merusak ponsel anda.

Karena aplikasi ini berbeda dengan hasilnya tentu saja kan berbeda dari segi fitur di dalamnya seringkali ditemukan tambahan fitur atau penghapusan fitur sehingga tidak akan berjalan normal pada perangkat tertentu Oleh karena itu pastikan gunakan aplikasi asli yang aman dari virus.

Aplikasi redesign juga perlu diperhatikan walaupun hanya berubah tampilannya saja tetap saja aplikasi tersebut sudah berbeda dari aplikasi aslinya apa dari itu tetap berhati-hati dalam menggunakan aplikasi aplikasi semacam ini agar Android Anda terhindar dari virus atau Malware yang berbahaya.

4. Jangan install aplikasi yang tidak anda ketahui

Aplikasi aplikasi ini biasanya terdapat pada situs Di mana posisi tersebut akan otomatis terdownload tanpa ada persetujuan dari Anda. Oleh karena itu aplikasi yang demikian perlu diwaspadai dan jangan sampai Anda mencoba untuk menginstalnya karena kita tidak tahu apakah dikasih tersebut aman atau banyak berisi virus dan malware.

Aplikasi aplikasi ini biasanya memiliki nama yang aneh dari biasanya untuk itu tetap waspada pada aplikasi yang terdownload secara otomatis pada saat Anda browsing.

***

Itulah beberapa cara untuk menghindari aplikasi-aplikasi yang banyak berisi virus yang dapat merusak ponsel Android kita Oleh karena itu kita perlu cermat dan teliti dalam penggunaan bahkan penginstalan aplikasi Android kita.

Perlu berhati-hati dalam mendownload aplikasi di internet dan gunakan situs download APK seperti Playstore yang aman untuk anda gunakan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya dan satu lagi apabila ponsel Android Anda sudah mengalami infeksi virus maka bisa Gunakan cara seperti berikut.

Baca : cara mengatasi Android yang terinfeksi virus

Penutup.

Demikian artikel tentang cara menggunakan aplikasi yang aman dari virus ataupun Malware.

Jangan lupa klik bagikan kepada teman-teman kalian dan jangan lupa kunjungi terus situs ini untuk mengetahui info info terbaru seputar tutorial dan tips dan trik terbaru lainnya terima kasih sudah berkunjung salam admin.

Suka dengan Artikel ini ? Berikan 5 Bintang !

Cara Cari Informasi Terbaru di DatabaseArtikel.com
Bagikan Artikel :

Leave a Comment

Your email address will not be published.