27+ Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar

27+ Cara Merawat HP Android agar Awet, Tahan Lama dengan Benar


DatabaseArtikel.com – Cara merawat hp android agar bisa awet dan tahan lama penggunaan jangka waktu panjang dengan baik dan benar.

Sebagai alat elektronik smarthpone android tentu saja akan mengalami kerusakan pada waktunya baik dari segi sistemnya atau dari mesin fisiknya. Terkadang untuk merawat android agar bisa awet dan tahan lama anda perlu tahu mengenai cara caranya dengan baik dan benar.

Dilihat dari fisiknya smartphone android yang semakin hari makin tipis ini membuatnya sangat rentang akan kerusakan yang akan menimpanya tidak seperti hp jaman dulu yang super tebal yang pasti lebih aman dan terlindung setiap komponennya.

Benar saja ada orang satu bulan pegang hp sudah rusak ? Jadi apakah mereka merawatnya dengan baik bisa jadi dan bisa tidak. Karena banyak faktor rusaknya hp seperti halnya terjatuh dan membuat komponen ponsel hancur dan rusak.

Perawatan yang baik tentu saja akan membuat smartphone akan memiliki jangka penggunaan atau umur yang bisa cukup lama, dengan begitu anda bisa menghemat pengeluaran uang anda karena hanya untuk gonta ganti HP tiap bulannya.

Berikut adalah beberapa tips serta solusi untuk cara merawat hp android agar bisa awet dan tahan lama hingga 1 tahun lebih penggunaanya.

Baca Juga : Merek Smartphone yang Sering Rusak ? Apakah Ada ?

Cara Merawat HP Android agar Awet dan tahan lama.

1. Gunakan Casing (Body Case) dari Karet.

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
pilih casing hp

Kenapa Harus dari karet ? Apakah bahan plastik atau besi berbahaya ? Perlu dijelaskan penggunaan casing hp dari bahan karet akan lebih memberikan perlindungan pada ponsel android kalian. Hal ini bisa dilihat jika pada saat ponsel anda tergesek pada permukaan kasar akan terlindung dari bahan karet yang jauh lebih aman.

Dan casing bahan karet ini juga lebih ringan dalam pemasangannya, kelebihan lainnya bahan karet ini akan lebih mudah di bersihkan jika ada noda di belakang body case bisa gunakan air untuk membersihkannya.

2. Pakai Pelindung Layar bahan Hard Glass

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Pakai Tempered Glass

Dari pengalaman admin penggunaan pelindung layar atau biasa dikenal dengan tempered glass ini lebih baik anda gunakan yang memiliki ukuran lebih tebal. Mengapa ? Penggunaan pelindung layar yang memiliki Hard Glass ini akan jauh lebih aman melindungi hp kalian.

Jika terjadi goresan benda tajam yang mengenai Layar ponsel anda tidak akan berpengaruh pada bagian layar asli ponselnya karena pelindung layar yang tebal. Tidak dengan yang pelindung layar yang tipis akan lebih mudah merusak bagian layar aslinya juga.

BACA JUGA :   101+ Gaya Tulisan Keren & Cara Membuatnya di PC / Android

[ads]

Gunakan pelindung layar seperti Gorilla Glass dan lainnya pokoknya lebih tebal walaupun lebih mahal dikit tentu ini sangat besar manfaatnya. Pastikan pada awal membeli sudah anda pasang pelindung layar ini.

3. Letakkan Ponsel di Tempat aman (Tidak Tinggi)

Jika anda sudah terlalu sering meletakkan ponsel sembarangan dan semau kalian lebih baik hal ini untuk merawat hp android anda agar lebih awet. Peletakkan ponsel akan lebih berpengaruh pada keawetan dari ponselnya.

Letakkan ponsel yang tidak terlalu tinggi untuk mengurangi hal hal yang tidak diinginkan saat ketika terjatuh. Tempat yang tinggi akan lebih fatal akibatnya jika terjatuh entah itu kerusakan body hp, layar hp pecah atau bagian dalam android yang rusak sehingga tidak bisa menyala lagi.

4. Lakukan Charger (CAS) HP ketika di antara 20% – 10%

Perawatan ini khusus pada bagian baterai agar bisa terawat dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada hp android anda misalnya baterai hp android cepat boros, baterai hp tidak dapat mengisi, baterai drop tiba tiba habis dan hal lainnya.

Lakukan charger rutin ketika dirasa ponsel untuk lemah biasanya ponsel akan memberikan informasi ketika baterai sudah dibawah 20% atau 10% maka jangan gunakan smartphone android anda lebih baik charger dulu. Dari pada harus mati karena baterai habis karena hal ini bisa merusak baterai hp anda.

[ads]

Baca Juga : Fungsi Aplikasi Battery Doctor ? Maksimalkan Baterai Android

5. Hindari Penggunaan Berlebih ketika HP di Charger.

Selain dapat membuat lama proses pengisian baterai berlangsung menggunakan hp secara berlebihan ketika sedang di cas tentu akan bermasalah baik dari segi ponsel anda dan juga dari baterai utamanya.

Terutama bermain game saat hp dicas akan memakan banyak daya dan hal itu akan membuat ponsel bekerja ekstra karena daya pada baterai sudah habis. Oleh karena itu anda perlu dan wajib untuk tidak menggunakan ponsel ketika di cas utamanya untuk bermain game berat.

6. Jauhkan Ponsel dari Air.

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Jauhkan dari Air

Tentu anda sudah tahu bahwa barang elektronik anti dengan yang namanya air.

Utamakan keselamatan ponsel hindari dari area percikan air, terutama buat anda yang suka membawa ponsel kekamar mandi lebih baik untuk keamanan anda jauhkan ponsel anda dari kamar mandi. Meskipun hp anda memiliki kelebihan anti air tentu bisa berdampak pada hp yang jatuh misalnya.

Lalu jangan letakkan ponsel android pada area yang ada airnya, ditakutkan air akan masuk ke dalam lubang ponsel misalnya ke dalam lubang mic, lubang earphone atau lubang charger ponselnya.

[ads]

Pastikan tangan juga sudah kering saat akan menggunakan ponsel android anda.

7. Jauhkan dari Anak Kecil.

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Jauhkan dari Anak-anak

Jangan biarkan anak anda yang masih kecil untuk menggunakan ponsel bagi mereka itu adalah sebuah mainan dan tentu akan dibuat mainan bagi mereka yang belum mengerti hal tersebut. Ponsel anda bisa dibanting banting olehnya. Hal ini akan menambah kerusakan baik dari luar ponsel misalnya casing atau layar dan dari dalam yang merusak sistem android hingga mat.

Meskipun sudah tahu tentang hp maka lebih baik untuk tidak hp pada anak kecil karena bisa mengakibatkan efek buruk pada dirinya seperti kecanduan dan masalah lainnya.

8. Hindari Medan Magnet.

Pastikan ponsel android anda agar awet untuk hindari dari magnet, jangan dekatkan ponsel dengan magnet atau medan magnet. Karena magnet dapat merusak smartphone anda terutama pada bagian kamera dan juga speaker.

Kamera dan Speaker hp akan rusak dan tidak berfungsi dengan baik jika sering dekat dengan magnet.

9. Gunakan Charger Ori / Asli saat nge-cas

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Charger HP

Terlupa dari poin 4 dan 5 diatas, pastikan selalu gunakan charger ori anda ketika sedang menggunakannya untuk mencharger ponsel. Terutama bagi yang suka jalan-jalan (Traveling) pastikan selalu bawa charger aslinya.

BACA JUGA :   Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Tersedia di Negara Anda PlayStore

Penggunaan charger yang tidak asli menyebabkan seperti meledaknya hp atau baterai tidak bisa mengisi dikarenakan perbedaan watt pada chargernya bisa lebih kecil dan lebih besar (ini yang sangat berbahaya bagi ponsel)

10. Bersihkan Debu dan Kotoran di HP.

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Jauhkan dari Debu & Kotoran

Biasanya debu debu dan kotoran ini sering berkumpul dibagian lubang ponsel misalnya di lokasi charger atau bagian lubang mic / earphone dan terutama bagian speaker dan bagian dalam ponsel.

Selalu rutin untuk membersihkan ponsel anda dari debu untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama, buka casing bila perlu untuk membersihkan debu yang menempel. Jangan gunakan air dan juga alat tajam untuk membersihkannya gunakan saja kuas atau kain lap.

***

Solusi merawat diatas adalah perawatan pada ponsel android agar bisa awet dan tahan lama dengan benar dari segi fisiknya dan berikut solusi perawatan dari dalam ponsel android.

[ads]

***

11. Hapus Aplikasi tidak perlu.

Banyak mungkin dari kalian yang sering menumpuk aplikasi padahal tidak pernah dipakai, hal ini bisa berdampak pada ponsel anda terutama pada penyimpanan ponselnya. Hapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan oleh anda karena bisa membuat penyimpanan internal hp anda akan lebih banyak.

Terutama aplikasi yang memiliki ukuran besar (seperti Game) ini sangat banyak memakan resource memori hp anda yang bisa membuat hp android menjadi lambat.

12. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM.

Aplikasi pembersih ram ini berguna bagi anda yang sedang mengalami ponsel lambat atau lemot hal ini disebabkan aplikasi yang berjalan terlalu banyak sehingga hp akan lag.

Untuk lebih cepat gunakan aplikasi pembersih RAM yang bisa anda dapatkan di Play Store atau untuk rekomendasi aplikasinya bisa dilihat disini. Baca Juga : 6 Aplikasi Pembersih RAM Android & iPhone Terbaik

13. Update (Perbarui) Aplikasi.

Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar
Update Aplikasi

Aplikasi yang sudah jarang diperbarui versinya biasanya akan memberikan atau timbulnya efek seperti aplikasi crash atau error sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Lalukan update rutin pada aplikasi di Play Store untuk mendapatkan versi baru pada aplikasinya sehingga bisa digunakan dengan baik dan lancar.

Baca Juga : Cara Update dan Install Ulang Aplikasi

14. Update Versi Android.

Dengan melakukan update pada versi android kalian akan mendapatkan beberapa fitur dan kelebihan baru yang belum pernah ada pada versi yang anda gunakan. Sebelumnya anda harus cek versi android anda sebelum update.

[ads]

Dan lihat juga versi android terbaru yang sudah dirilis saat ini. Untuk update versi android tidak disarankan untuk HP dengan memori penyimpanan yang kecil karena bisa berdampak pada ponsel menjadi lag abis jika di update ke versi android terbaru.

Baca Juga : Cara Cek Update / Pembaruan OS (Sistem Operasi) di HP VIVO 2019

15. Jangan Asal Install Aplikasi.

Terutama bagi kalian yang sering mendapati aplikasi dari luar google play store harap berhati hati saat penginstallanya. Aplikasi tersebut bisa jadi tidak aman dan bisa memberikan malware pada ponsel android anda yang dapat merusak sistem android.

Pastikan install aplikasi dari Play Store karena aplikasi yang dipublish di play store sudah direview dulu keamanannya.

Baca Juga : Cara-Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android (Virus & Malware)

16. Hapus Widget yang tidak Perlu.

Selanjutnya cara merawat hp android dengan Tidak perlu memasang banyak widget misalnya Widget google pencarian lebih baik untuk tidak dipakai hapus saja karena sudah ada aplikasi google untuk mencari informasi. Gunakan widget pada layar utama ponsel yang benar benar dibutuhkan saja selebihnya hapus dan jangan gunakan.

17. Restart Ponsel.

Fungsi restart ini cukup beragam caranya, kegunaannya jika terjadi kesalahan atau error pada android anda lakukan restart atau reboot pada ponsel android anda sehingga yang error tersebut bisa kembali seperti semula.

BACA JUGA :   3 Aplikasi Android Sering membuat Malas Kerja, Uninstall Saja!

Restart disini adalah melakukan Reboot booting ulang bukan mereset ponsel anda.

18. Hapus Cache Aplikasi.

Cache aplikasi terutama pada aplikasi sosial media dan browser ini memang sangat berpengaruh pada penggunaan memori penyimpanan kalian. Cache ini dapat anda hapus pada aplikasi aplikasi yang memiliki cahce besar seperti facebook, whatsapp atau browser chrome dan google.

[ads]

Cara hapusnya cukup buka Pengaturan >> Pilih menu Aplikasi >> Cari aplikasi >> Hapus Cache. Hapus cache bukan berarti hapus aplikasi jadi aman dilakukan.

hapus cache dan data aplikasi android
hapus cache dan data aplikasi android

19. Gunakan Anti virus.

Jika anda merasa ada yang aneh pada ponsel anda segera install aplikasi antivirus untuk memindai dan scanning pada ponsel anda agar mengecek ada virus atau malware di ponsel android anda.

Gunakan satu antivirus saja jangan terlalu berlebihan dan pastikan untuk memperhatikak antivirus anda jangan sampai file terhapus karena antivirus.

20. Reset pengaturan Pabrik.

Opsi ini hanya dilakukan jika dalam keadaan darurat seperti virus yang berlebihan, aplikasi bawaan hp error, aplikasi tidak bisa dibuka. Sistem sering hang atau lag. Cara ini bisa untuk mengatur ponsel anda seperti semula dan sedia kala. Sebelum itu lakukan backup pada file dan aplikasi anda.

Reset pengaturan pabrik akan menghapus aplikasi serta file yang ada pada ponsel maka perlu lakukan cadangkan file terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Reset Pengaturan Pabrik secara AMAN di HP VIVO Android

***

Selanjutnya adalah tips sederhana yang perlu anda terapkan ketika menggunakan ponsel untu cara merawat hp android dengan baik.

[ads]

***

21. Bersihkan tangan dari Minyak.

Hal ini bisa mengotori hp anda terutama bagian layar dan bisa jadi minyak akan masuk kedalam hp yang bisa membuat hp anda menjadi rusat dan tidak awet.

22. Pasang Ring HP / Cincin HP

Jika ponsel smartphone anda terlalu besar dan kesulitan untuk memegangnya gunakan ring hp untuk solusinya agar hp tidak mudah jatuh dan lebih aman saat digunakan.

23. Jangan Cas HP di Laptop / Komputer.

Lebih baik untuk hindari cas dengan menggunakan laptop atau komputer, selain akan membuat pengisian lebih lama tentu akan lebih berbahaya bagi baterai hp kalian.

24. Jangan taruh HP di Kasur atau Kursi.

Karena jika kita lalai maka hp anda bisa saja tertindih oleh anda sendiri atau oleh orang lain yang bisa menyebabkan rusaknya layar ponsel mengakibatkan android tidak bisa digunakan lagi.

25. Jangan letakkan ponsel di Saku Celana.

Cara merawat hp android selanjutnya jauhkan penempatan di kantong celana terutama dengan barang barang lainnya yang bersifat keras akan mengenai layar hp anda dan juga efek hp terjatuh saat mengambil barang bisa saja terjadi.

26. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari.

Selain dapat menyebabkan ponsel jadi cepat panas terkena sinar matahari langsung juga dapat mempengaruhi tampilan layar android anda.

27. Jangan Terlalu kencang Memutar MP3.

Hal ini dapat merusak speaker pada ponsel android anda tertutama akan menghasilkan suara yang jelek jika anda terlalu sering memutar mp3 terlalu keras.

***

Nah itulah kumpulan lengkap solusi serta tips tips cara merawat hp android di artikel 27+ Cara Merawat HP Android agar Awet & Tahan Lama dengan Benar ini semoga bisa membantu hp anda agar lebih awet jadi tidak perlu lagi gonta ganti hp berulang kali.

Demikian artikel ini dapatkan juga info serta tips tips lainnya seputar android disitus ini DatabaseArtikel.com terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share dan komentar dibawah.

Banyak dicari Netizen:


الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن


Selalu Berbagi :

Diterbitkan oleh

Rofiq ~

Menulis apa yang saya mau bukan yang anda mau, ada pertanyaan dan hal lain bisa komentar atau kontak Whatsapp di +6289669699740

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *