Fenomena Guru Dadakan di Youtube, Efektif untuk Belajar ?

Fenomena Guru Dadakan di Youtube, Efektif untuk Belajar ?

By

DatabaseArtikel.com – YouTube sebagai media yang berisikan video-video dengan berbagai tema yang dapat anda tonton tidak hanya kalangan dewasa bahkan anak-anak juga bisa membuat video di YouTube.

Salah satu hal yang menjadi fenomena yang ada di YouTube sekarang adalah adanya guru dadakan yang di mana video pada channel tersebut berisikan video-video untuk mengerjakan soal soal dan pembahasannya.

Memang benar tidak hanya seorang guru saja orang-orang siapapun dapat mengajar di YouTube .

Dan termasuk video-video yang semacam ini mudah untuk dibuat dan juga orang-orang yang nonton video tersebut adalah di kalangan pelajar.

Biasanya video-video tersebut berisikan konten pembahasan soal yang di mana terdapat Salah satu kelebihan seperti cara cepat mengerjakan ataupun rumus singkat yang dapat anda gunakan untuk menjawab soal tersebut ini penting bagi mereka yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal terkait hitung-hitungan seperti matematika atau fisika .

Dengan adanya guru Dadakan di YouTube ini siswa dan siswi seringkali melihat video tersebut apabila mereka tidak paham tentang pembelajaran yang ada di sekolah.

Apa ada masalah dengan guru dadakan ini ?

Fenomena Guru Dadakan di Youtube
Fenomena Guru Dadakan di Youtube

memang tidak ada masalah yang serius terkait adanya fenomena guru Dadakan di YouTube

Namun pada beberapa kasus channel YouTube yang memiliki video beberapa saja seringkali tidak konsisten dalam membuat video pembelajaran yang aktif.

Sehingga pemahaman para penonton memilih banyak channel untuk pembahasan soal dari berbagai channel dan tentu ini akan mengakibatkan kebingungan apabila rumus cepat yang mereka bagikan berbeda-beda.

Dan juga dari segi belajarnya penonton juga harus memastikan rumus-rumus yang ada di YouTube tersebut benar-benar efektif ketika hendak mengerjakan soal ulangan di sekolah.

Bukan tidak mungkin biasanya guru akan menyalahkan jawaban kalian apabila rumus yang digunakan tidak sama seperti yang ada di buku meskipun hasil akhirnya sama .

BACA JUGA :   13+ Cara Mempercepat Download di Android tanpa Aplikasi

Apabila video pembelajaran yang ada di YouTube tersebut membuat Anda bingung karena rumus yang dipakai tidaklah sama dengan yang ada di sekolah.

Anda bisa konsultasi dengan guru di sekolah tentang rumus yang dipakai di pembelajaran YouTube tersebut Apakah benar atau tidak .

bagi Anda yang ingin membuat sebuah channel pendidikan di YouTube yang membahas soal-soal pembelajaran maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan salah satu diantaranya adalah.

Pastikan anda paham 100% materi yang sedang dibahas mana mungkin seorang guru tidak paham dengan materi yang disampaikannya.

Bukan tidak mungkin penonton juga akan kebingungan Apabila Anda juga tidak paham dengan isi materinya dan juga perhatikan saat pembahasannya jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat dalam menyampaikan rumus-rumus soal tersebut.

Lakukan pengulangan terhadap bagian yang sulit agar mudah memahami.

Jika memang berniat untuk berbagi informasi tentang pendidikan maka lakukan hal tersebut secara konsisten Jangan hanya untuk menghasilkan jumlah penonton saja Apabila ada sedikit anda akan berhenti untuk membagikan video video pembelajaran lainnya.

hal ini menjadikan penonton kecewa karena sudah tidak ada lagi tempat untuk belajar di YouTube Di mana channel Anda termasuk dalam kategori pembahasan yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Melihat adanya fenomena ini tentu saja bagi para pelajar yang kesulitan memahami soal di sekolah bisa menggunakan video YouTube untuk mempelajari ulang materi yang serupa.

Ini akan membuat anda akan semakin paham dan mudah apabila ada soal yang serupa dengan materi yang sedang anda pelajari saat ini.

Dan juga apabila anda mencari video pembelajaran di YouTube pastikan channel tersebut memiliki kebenaran dalam menyampaikan rumus-rumus jangan sampai ada rumus yang salah.

BACA JUGA :   7 Kelebihan Aplikasi Google Go dibanding Chrome, Download APK

Karena melihat video pembelajaran di YouTube kebanyakan bukan dari guru yang profesional melainkan dari orang-orang yang sengaja ingin membuat video YouTube Tentang pembahasan materi soal.

Okelah itu saja informasi dapat disampaikan dengan adanya kasus fenomena guru dadakan yang ada di YouTube di dunia nyata memang pengen syarat untuk menjadi seorang guru.

Namun YouTube kita bebas menyampaikan ilmu kepada orang lain walaupun kita belum memiliki sertifikat guru yang pastinya berbagi ilmu yang positif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like