fbpx
DatabaseArtikel.com

Hukum Download Film Bajakan seperti di Indoxxi dalam UU dan Agama

DatabaseArtikel.com – Hukum download film bajakan dalam intenet menurut pandangan Undang-undang atau peraturan pemerintah dan menurut Agama islam.

Fenomena hadirnya dan munculnya situs situs download film bajakan saat ini sudah tidak bisa lepas dari masyarat Indonesia terutama kemudahan dalam akses internet saat ini kegiatan mendownload film di internet rasanya sudah tidak asing lagi.

Namun tahukah anda apakah hukumnya mendownload film bajakan yang tentu menurut pandangan hukum di Indonesia atau dari Undang undang dan juga menurut agama islam.

Nah darisitulah admin akan bahas mengenai permasalahan ini dilihat dari maraknya para pendownload film bajakan yang tentu memiliki hukum didalamnya. Apa saja hukumnya ? Sebelum masuk kedalam menurut pandangan islam kita cari tahu dulu hukum download film bajakan di internet menurut Undang Undang.

Hukum Film Bajakan menurut Undang Undang.

Sebagai rakyat Indonesia kita perlu dan wajib untuk menaati semua peraturan yang sudah dibuat dan berlaku. Tentu saja setiap undang undang yang dilanggar pasti memiliki konsekuensi tentang pelanggaran tersebut berupa hukuman yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kegiatan mendownload atau mengunduh film bajakan dari internet dapat dikatakan sebagai suatu hal penggandaan pada ciptaan secara tidak sah yang dapat dikenakan pidana berdasarkan Pasal 113 ayat (3) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta

Dimana pada pasal 113 ayat 3 berisikan tentang.

Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Informasi ini dapat anda lihat secara detail yang sudah dibahas oleh situs hukumonline diartikel ini.

Hukum Film Bajakan dalam Islam

المُسْلِمُوْنَ عَلَى شُرُوطِهِمْ

BACA JUGA :   Apakah Backlink Jadi Faktor SEO atau Peningkatan Pengunjung ?

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menuturkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Umat Islam berkewajiban untuk senantiasa memenuhi persyaratan mereka.

Seperti yang sudah tertera jelas bahwasanya film film tersebut memiliki ketentuan atau Hak Cipta pada setiap videonya yang dimana merupakan syarat yang telah dibuatnya. Dan melakukan penggandaan terhadap film termasuk dalam pelanggaran hak cipta.

Informasi lebih lengkap mengenai hadist ini bisa anda cek disitusnya rumaysho.com dalam artikel Hukum Memakai Barang Bajakan

***

Nah bagaimana sudah jelas sekarang ? Namun jika pada film film tersebut memiliki hak izin resmi untuk disebarkan luaskan gratis oleh pihak industri perfilman yang bersangkutan tentu saja hal ini diperbolehkan untuk didownload secara gratis.

Berikan komentar anda dikolom komentar di bawah tentang informasi Hukum Download Film Bajakan dalam UU dan Agama ini. Demikian artikel ini jangan lupa lihat informasi lainnya disitus ini DatabaseArtikel.com terima kasih sudah berkunjun.

Banyak dicari Netizen:


Tentang Admin :
Perkenalkan saya Abdur Rofiq Owner situs DatabaseArtikel.com, Berbagi informasi terbaru setiap hari kepada Anda. Berisi berbagai macam hal sesuai dengan keinginan anda dan saya sendiri. Perhatian!! Segala artikel yang ada disini Masuk dalam © COPYRIGHT. Segala bentuk penyalinan artikel dari situs ini akan dilaporkan sesuai ketentuan berlaku.

Menerima pemasangan iklan dan Guest Post untuk Anda yang menginginkan artikel tampil disini.

Hubungi Via Whatsapp : +6289669699740 atau Email : Admin@databaseartikel.com