fbpx

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dampak Buruk Pasang Iklan Google Adsense di Blog Web Amp Pribadi

Sebelum masuk ke inti pembahasan kali ini saya informasikan bahwasanya informasi berikut adalah hasil dari pengalaman pribadi saya, yang semua informasinya bisa berbeda menurut pandangan teman teman mengenai dampak memasang iklan google adsense di blog amp.

Blog amp adalah salah satu fitur dimana kita dapat menjadikan web atau blog kita menjadi lebih cepat pada saat membukannya pada tampilan mobile, sehingga amp ini cocok untuk mempercepat kinerja loading blog.

Amp sendiri saat ini memang sangat terasa performanya dalam melakukan pemuatan artikel lebih cepat dibandingkan dengan blog non AMP, oleh karena itu apabila anda ingin mempercepat situs Anda maka bisa gunakan mode AMP ini.

Admin sendiri memiliki beberapa blog dengan mengaktifkan fitur AMP, dan hasilnya memang sangat memuaskan disamping peningkatan jumlah visitor dan juga Bounce rate yang didapat juga kecil.

Namun sayangnya iklan google adsense yang dipasangkan di blog amp memiliki sisi buruk dari segi pendapatan utamanya, apa saja itu ? Berikut ini ulasang dampak buruk pasang iklan Adsense di blog AMP.

Berkurangnya Pendapat iklan Google Adsense.

Seperti yang kita ketahui format iklan adsense adalah CPC (Cost Per Click). Yang artinya blog akan mendapatkan penghasilan apabila iklan yang ada di blog diklik oleh para visitor kita.

Karena AMP memiliki kinerja untuk memaksimalkan kecepatan di Versi Mobile maka apabila dipasangkan iklan Adsense rasanya sangat kurang cocok.

Perbedaan ini admin rangkum dari perbandingan antara 2 blog admin. Dimana satu menggunakan AMP dan non AMP dari segi pendapatan lebih baik blog non AMP. Walaupun AMP memiliki kelebihannya sendiri.

Mengapa ?

Karena AMP akan lebih memfokuskan kepada tampilan Artikelnya dan pastinya yang diprioritaskan saat me-load adalah bagian teksnya, sedangkan untuk bagian lain seperti iklan adsense ini akan diload belakangan setelah semua artikel dapat terbaca.

Iklan Adsense akan diload jauh lebih lama setelah artikel semua tampil, sehingga para visitor akan langsung fokus ke konten dan iklan adsense akan terlewatkan apabila diletakkan di bagian header / atas blog.

Kalau begitu haruskah iklan diletakkan di tengah atau akhir artikel ?

Cara ini juga tidak terlalu efisien karena iklan adsense jika diletakkan di bagian tengah atau akhir artikel akan melakukan pemuatan tampilan iklan setelah user melihat kotak iklannya.

Tentunya juga perlu waktu lagi untuk loading iklan dan parahnya jika pengunjung memiliki internet yang lambat maka akan semakin lama iklan akan muncul. Akhirnya iklan tersebut akan terlewatkan juga. 🙁

Intinya iklan adsense di blog AMP tidak akan muncul secara sempurna di dalam blog. Tergantung apabila visitor melihat area iklan maka secara langsung iklan akan proses memunculkan iklan. Apabila tidak dilihat maka otomatis iklan tidak akan dimuat.

Apakah iklan adsense di AMP berpengaruh di tampilan PC atau DESKTOP ?

Untuk iklan pada tampilan desktop tidak terlalu memiliki dampak yang signifikan dibandingkan dengan iklan pada versi MOBILEnya. Oleh karena itulah jumlah klik yang muncul biasanya lebih banyak dari tampilan desktop dari pada di tampilan mobile.

Apakah semua IKLAN Seperti Adsense ?

Untuk sementara saya belum mengetahui bagaimana dengan kondisi iklan pada penyedia periklanan lainnya. Silahkan sobat cek sendiri dengan mendaftar menjadi seorang publisher iklan selain adsense.


Lantas bagaimana cara agar pendapatan meningkat ?

Cara agar iklan adsense AMP banyak yang klik.

  1. Gunakan iklan melayang di bagian bawah, cara ini cukup ampuh untuk menarik pengunjung untuk mengklik iklan dan tentunya aman dan tidak melanggar ketentuan Google Adsense Contohnya seperti berikut dibagian bawah.
  2. Tempatkan iklan dibagian akhir artikel, walaupun sudah dijelaskan diatas peluang klik di bagian ini cukup besar.
  3. Jangan letakkan di bagian header BLOG pada versi Mobile dan untuk versi PC silahkan letakkan iklan dimanapun.
  4. Jangan terlalu banyak menyisipkan banyak iklan, terutama di artikel dengan kualitas rendah. (Minim Kata) selain mengganggu pengunjung juga memperlambat loading iklan.
  5. Tingkatkan visitor dengan selalu update artikel setiap hari secara teratur untuk mendapatkan visitor murni dari search engine.
contoh iklan adsense melayang tampilan mobile
contoh iklan adsense melayang tampilan mobile

Itulah pembahasan mengenai Dampak Buruk Pasang Iklan Google Adsense di Blog Web Amp yang saya tuliskan dari pengalaman pribadi. Yang mengelola blog AMP dan NON AMP.

Suka dengan Artikel ini ? Berikan 5 Bintang !

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required