Cara Agar Artikel Bisa di select tidak bisa di Copy
Blog

Cara Agar Artikel Bisa di Blok tidak bisa di Copy (Copas) Terbaru 2019

Masalah terbesar bagi para penulis konten artikel di blogger atau wordpress adalah rentan nya dalam pencurian / copy paste artikel. Hal ini dilakukan seseorang hanya untuk mempublish ulang artikel tersebut yang berdampak buruk bagi kita pemilik konten aslinya.

Salah satu solusi dalam mengatasi kejadian seperti ini adalah dengan meletakkan kode anti copy paste di dalam tema situs kita. Dengan cara ini setidaknya memiliki pengaruh dalam mengurangi pencurian artikel kita oleh orang lain.

Sebelum menerapkan cara agar artikel bisa di blok tidak bisa di copy ini. Pastikan baca informasi terkait dengan kode yang akan saya berikan ini agar bisa pas dalam menggunakan kode berikut.

Kode untuk WordPress atau Blogger ?

Cara ini bisa digunakan bagi kalian para pengguna blogger dan wordpress kode anti copas ini bisa digunakan kedua platform ini. Penggunaannya cukup mudah, tinggal copy kode lalu letakkan kode tersebut di bagian yang sudah disediakan.

Uniknya kode ini dapat berfungsi untuk membuat artikel tetap bisa di select atau di blok tetapi tidak dapat copy paste. Contohnya dengan melakukan Ctrl + C tidak akan bisa, namun masih bisa dengan klik kanan oleh karena itu perlu kode tambahan. Seperti kode anti klik kanan pada website.

Cara Membuat ANTI Klik KANAN di Web Blog DISABLE RIGHT CLICK WEB _ BLOG Baca : Kode anti klik kanan untuk Web Blogger & WordPress.

Cara Menggunakan Kode Anti Copas tetap bisa di Blok.

Pertama salin kode berikut ini.

<body onkeydown=’return false;’>

Setelah itu letakkan kode tersebut di bagian kode body. atau cari kode <body> kemudian paste dan gantikan dengan kode diatas atau cukup salin kode onkeydown=’return false;’ lalu letakkan di samping kode <body …

Mengenai Kode onkeydown=’return false;’

Kode ini sebenarnya adalah kode untuk mematikan fungsi semua tombol keyboard di blog kita. Sehingga apabila situs kita dibuka oleh pengunjung maka pengunjung tidak akan bisa melakukan fungsi dari CTRL + C, CTRL + U. Dan semua fungsi dari keyboard kita.

Termasuk fungsi penulisan angka dan huruf di keyboard tidak akan berfungsi karena kode ini akan mendisable fungi dari tombol keyboard. Jadi walaupun artikel masih bisa diblok maka tetap tidak bisa di copy atau di copas karena fungsi dari tombol CTRL + C sudah tidak bisa digunakan lagi.

Kekurangan kode onkeydown=’return false;’

Karena fungsinya untuk mematikan semua fungsi keyboard kita. Maka kekurangannya adalah para pengunjung blog kita tidak akan bisa melakukan pengetikkan di kolom pencarian blog.

Hal ini berpengaruh besar terhadap user dalam menggunakan atau mencari informasi lainnya di situs kita. Terlebih apabila situs kita sudah memiliki banyak artikel yang susah untuk dicari tanpa bantuan kolom search.

Selain itu kode ini tidak ditujukan bagi kalian para penulis konten kode atau lainnya yang membutuhkan akses copy paste untuk menyalin kode atau link di blog kalian.

Namun jika tidak terlalu berpengaruh bagi Anda maka silahkan saja menggunakan kode ini untuk lebih dalam mengamankan artikel Anda.


Kesimpulan.

Masalah terbesar bagi penulis konten di internet adalah adanya para pencuri konten yang melakukan publish ulang di blog mereka secara mentah mentah.

Membuat artikel yang bisa diselect atau di blok tetapi tidak bisa dicopy cara ampuhnya adalah dengan meletakkan kode onkeydown=’return false;’ di dalam kode <body … dengan kode ini akan mengaktifkan fitur disable keyboard pada saat pengunjung mengunjungi situs kita.

Penggunaan kode ini bermanfaat untuk mengelabuhi para pencuri artikel bahwasannya artikel kalian tetap bisa di blok namun tidak bisa dicopy.

Selain manfaat kerugian memasang kode ini adalah para user tidak akan bisa melakukan copy pada bagian apapun atau menuliskan pencarian di kolom pencarian blog kita karena sudah mengaktifkan kode disable keyboard ini di blog mereka.

No Comments

    Leave a Reply