Solusi!! Layar Laptop Mati, Tapi Mesin Hidup saat Upgrade RAM

DatabaseArtikel.com – Mengalami masalah serupa dengan admin dimana terjadinya sesuatu ketika saat melakukan Upgrade ram laptop. Dimana layar pada laptop tidak mau menyala tetapi mesin laptop / kipas laptop menyala dan aktif apa penyebabnya ? Berikut beberapa ulasan mengenai hal ini.

Masalah ini admin alami ketika ingin melakukan upgrade / tambah memori RAM Laptop karena sudah lemot dan melihat software saat ini yang sudah sangat berat. Terutama ketika saya sedang buka browser dengan banyak tab yang membuat laptop makin tambah lag.

Oh ya sebelumnya admin berikan spesifikasi laptop yang admin gunakan saat ini ketika mengalami hal diatas. Spesifikasi Awal sebelum upgrade RAM nya.

  • Laptop ASUS A450C
  • CPU Intel Core 1,6 GHz
  • Ram default 2 GB DDR3 1,5 Volt

Berikut informasi laptop saya via CPU Z

spesifikasi laptop admin
spesifikasi laptop admin
spesifikasi laptop admin

Dimana saya ingin menambah ram 8 GB agar total ram menjadi 10 GB. Karena slot RAM ada satu dan yang default adalah ram tanam maka tidak bisa dilepas sehingga digabung.

Masalah Upgrade RAM layar tidak mau menyala.

Ketika saya memasang RAM 8 GB dilaptop pada saat menekan tombol power. Dan yang terjadi adalah layar laptop tidak mau menyala tetapi mesin laptop berjalan.

Seketika itu saya berfikir mungkin yang terjadi RAM nya kotor atau RAM terpasang tidak pas dan saya ulangi lagi dan masih terjadi hal tersebut.

Solusi : Ketika saya melepas ram 8 GB tadi kemudian saya coba pasang ram lain yang berukuran 1 GB dan saya test berhasil berjalan dengan normal. Nah apa yang terjadi pada ram 8GB tadi ?

Namun saya ada 2 solusi mengatasi layar mati tapi mesin hidup saat upgrade ram diantaranya dengan menggunakan ram tambahan sesuai dengan ukuran ram defaultnya. Jadi jika ram default menggunakan ram 2 GB maka tambahnya gunakan juga 2GB.

Yang kedua, menurut kesimpulan yang saya alami RAM 8GB tadi saat ini sudah bisa menyala namun sedikit tidak normal dimana saat pertama dinyalakan layar akan mati. Namun setelah beberapa detik menyala dan saya matikan dayanya kemudian saya aktifkan lagi dan berjalan normal.

Hingga saat ini saya belum mengetahuinya solusi terbaiknya, analisa saya RAM 8GB memerlukan daya lebih untuk hidup mengingat ram defaulnya yang hanya 2GB.

Pada saat laptop mulai menyala akan menggunakan RAM yang pada slot pertama untuk booting dan ternyata ada ram kedua 8GB sebagai tambahan. Maka daya akan melemah untuk menjalankan ram 8GB nya yang terjadi adalah sistem tidak bisa berjalan normal karena ram yang terlalu besar dari defaultnya.

Note : Meskipun ram ddr 3 tambahan maupun defaultnya memiliki voltage yang sama 1,5 Volt. Asumsi saya mereka berdua tidak akan berjalan lancar karena ram tambahannya lebih besar dari RAM defaulnya.

Solusi untuk anda yang mengalami hal ini.

[ads]

1. Jadi jika ingin menggunakan ram lebih besar bisa copot ram defaulnya mengingat punya saya RAM tanam yang tidak bisa dilepas. Dan cara melepas ram tanam di laptop juga sulit jadi saya memutuskan melakukan hal berikut.

2. Jika tidak bisa gunakan ram yang sesuai maksimal tidak lebih dari RAM defaulnya jika ram default 2 GB gunakan tambahan RAM 2 GB.

Pada saat pertama kali menyala laptop layar akan mati dan tunggu beberapa detik yang kemudian saya cabut daya laptopnya. Dan pasang lagi kemudian nyalakan dan baru bisa digunakan kembali.

Masalah belum selesai jika ada teman teman disini ada yang mau membantu silahkan komentar di kolom komentar di bawah ini. Untuk membantu masalah saya dan juga teman teman lainnya Terima kasih atas kunjungan dan perhatian anda semuanya.

Diterbitkan oleh

Admin

Menulis apa yang saya mau bukan yang anda mau, ada pertanyaan dan hal lain bisa komentar atau kontak Whatsapp di +6289669699740

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *