4 Manfaat dan Pentingnya Portofolio bagi Seorang Designer Grafis

Assalamu ‘alaikum Teman teman, Portofolio desain adalah sebuah kumpulan dari suatu desain yang pernah dibuat oleh seorang desainer, bagi seorang desainer sebuah portofolio sangat amat penting terutama bagi mereka yang ingin melamar kerja menjadi seorang desainer grafis.

Tidak hanya itu dengan adanya portofolio ini dapat dengan mudah menentukan kualitas karya yang telah kita buat.

Portofolio ini dapat dibuat dengan mudah dan isinya sendiri haruslah dari desain desain yang pernah kita buat sebelumnya, kebanyakan para instansi merekrut seorang desainer lolos atau tidaknya melihat dari portofolio para pelamarnya.

Dengan begitu untuk kalian yang saat ini masih belum memiliki portofolio desain diharapkan untuk membuatnya mulai sekarang karena untuk memudahkan urusan kita di masa depan apabila kita akan melamar pekerjaan nanti.

Untuk itu kali ini saya akan membagikan manfaat portofolio desain untuk kamu.

Kegunaan portofolio Desain bagi Seorang desainer Grafis.

Kegunaan portofolio Desain bagi Seorang desainer Grafis.

1. Mendaftar sebuah pekerjaan.

Bagi kalian yang saat ini sedang mencari atau berkeinginan untuk mencari sebuah pekerjaan seputar dunia creative ataupun menjadi seorang desainer grafis haruslah memerlukan sebuah portofolio desain.

Karena keselurahan instansi yang memerlukan seorang desainer grafis para pelamarnya haruslah mengirimkan portofolio terbaiknya.

Untuk itu sembari membuat sebuah portofolio kita juga harus mengisinya dengan desain terbaik kita bukan sebuah desain uji coba karena seorang pelamar kerja akan dilihat dari portofolionya dan karya yang mereka submit di portofolionya tersebut.

Pekerjaan yang membutuhkan portofolio desain ini tidak hanya untuk pelamar offline, offsite saja namun juga untuk para freelancer atau para pencari kerja online ini juga membutuhkan sebuah portofolio desain untuk melamar pekerjaan nantinya.

2. Melihat kemampuan dan Bakat Seorang desainer.

Semakin baik portofolio desain seorang desainer maka akan baik pula pengalaman seorang desainernya karena melihat portofolionya yang bagus saja kita bisa menyimpulkan bahwa kemampuan desainnya sudah baik dan pastinya sudah memiliki pengalaman desain yang baik.

Untuk kalian yang masih baru gabung di dunia desain ini, maka untuk menaruh desain didalam portofolio haruslah desain yang benar benar baik dan berkualitas, jangan menaruh desain asal asalan kalian kedalam portofolio karena itu juga mempengaruhi pandangan oang lain terhadap desain dan pengalaman kita.

Namun, tidak semua desain yang kalian buat pertama kali tidak boleh dimasukkan kedalam portofolio, tetap boleh kita masukkan namun perlu penyeleksian desain mana saja yang layak untuk dimasukkan kedalam portofolio kita.

3. Meyakinkan client untuk mendesain kepada kita.

Mungkin bagi kita seorang desain lepas atau seorang freelance kadang kita menemukan seorang client atau sedang mencari client untuk mendesain kepada kita portofolio sangat penting dan berpengaruh sangat besar kepada client agar kita bisa meyakinkan si client untuk mendesain kepada kita.

Portofolio ini sangat berpengaruh terhadap harga dari desain kita. Oleh karenanya desain yang portofolio yang bagus adalah yang memiliki karya yang terbaik di dalamnya.

Para client dapat memberikan harga tinggi pada desain kita apabila desain yang kita buat mampu untuk memenuhi semua kriteria dari client tersebut. Maka diperlukan pengalaman untuk memperdalam suatu teknik mendesain agar desain yang kita buat mampu untuk terlihat menarik di hadapan client nantinya.

4. History pengalaman Desain.

Membuat portofolio sebenarnya tidak harus menggunakan karya yang paling baik dalam meletakkannya kedalam portofolio kita, semua desain dari pengalaman yang pernah kita buat bisa kita masukkan kedalam portofolio kta.

Dengan begitu portofolio kita dapat menjadikan sebuah history dimana kita bisa melihat desain seperti apa yang pernah kita buat sebelumnya sehingga apakah kita sudah mengalami peningkatan kualitas dalam berkarya.

Selalu submit desain yang anda buat sekarang kedalam portofolio anda sehingga apabila anda membutuhkan desain sebelumnya anda bisa mencari referensinya dari portofolio anda sendiri.


Demikianlah sedikit informasi diatas apabila masih ada pertanyaan mengenai portofolio desain bisa mencantumkan komentar dikolom komentar dibawah sekian dari saya dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada lainnya ke social media kalian dan jangan lupa terus baca artikel menarik lainnya di situs databaseartikel.com ini Terima kasih..


Diterbitkan oleh

Admin

Menulis apa yang saya mau bukan yang anda mau, ada pertanyaan dan hal lain bisa komentar atau kontak Whatsapp di +6289669699740

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *