plagiat desain illustrator

Bahaya Untuk Para illustrator Sampul Buku (Desain Cover Buku)

By

DatabaseArtikel.com – Anda adalah seorang desainer / illustrator buku sampul (cover) buku ? Atau anda ingin menjadi seorang pendesain sampul buku ?.

Sebelumnya anda harus tahu tentang beberapa bahaya yang dapat anda terjerumus didalam masalah tentang mendesain sampul buku.

Sebenarnya bukan hanya ditujukan kepada para desainer buku saja namun kepada semua para pekerja desain yang membuat desain terhadap objek tertentu.

Masalah umum yang paling jelas adalah tentang Plagiarisme / Konten Plagiat / Tiruan.

Ya betul Plagiarisme sangat berdampak buruk terhadap pemilik karya asli dan juga para pelaku plagiarisme.

Dalam dunia desain pemakaian kata plagiarisme sangat sering ditemukan pada beberapa desain desainer yang ingin mencoba melihat karya orang lain dan menirunya.

Nah untuk latihan saja meniru tidak begitu dipermasalahkan namun jika sudah di gunakan sebagai produk atau desain yang bersifat komersil tentu sangat beresiko.

Pemilik desain asli bisa menuntut desain plagiat dengan hukuman misalnya di Indonesia terkait dengan CopyRight. Dan tentu ada hukuman penjara juga uang saat anda terkena kasus copyright ini.

Berita Tentang Plagiarisme Cover Buku.

Beberapa waktu lalu ada kejadian dimana seorang desainer buku Membuat sebuah desain yang dianggap sebagai plagiarisme / plagiat. Desainer tersebut adalah seorang seniman Filipina bernama Shellette Gipa telah menjiplak karya seni ilustrator Korea Hong SoonSang.

Dan Berikut desain desain asli dan plagiatnya silahkan dilihat sendiri.

NOTE: Disini admin tidak menjelekan atau merendahkan sang desain / illustrator Shellete Gipa ini. Namun hanya memberikan informasi kepada anda tentang bahaya Plagiat desain.

karya desain plagiat Shellette Gipa
karya desain plagiat Shellette Gipa
karya desain asli Hong SoonSang
karya desain asli Hong SoonSang
perbandingan desain asli dan plagiat
perbandingan desain asli dan plagiat

Pada akun Gipa sekarang menunjukkan bahwa dia memang meminta maaf pada hari Sabtu, sehari setelah tuduhan awal dari Magtira, karena menyalin ilustrasi Hong.

BACA JUGA :   Toko Online Terbaik dan Termurah Jual Pulsa dan Paket Data

“Saya tidak tahu harus berkata apa,” tulisnya dalam bahasa Inggris dan Filipina. “Tapi aku ingin meminta maaf kepada mereka yang telah aku sakiti dan bodohi. Saya minta maaf kepada semua orang yang saya kecewa. Saya minta maaf jika saya membuat seni yang tidak berasal dari usaha saya sendiri. Saya minta maaf karena saya menggunakan seni orang lain untuk menyelamatkan diri. Saya tahu itu salah. Ini benar-benar salah. “

Namun kisah itu tidak berakhir di situ. Kahel Press, penerbit buku yang berisi karya seni Gipa, ikut berdiskusi, mengatakan bahwa ia akan menyelidiki tuduhan yang dibuat terhadap Gipa. Dalam sebuah pernyataan yang dibuat kemarin, perusahaan itu juga mengatakan bahwa mereka akan menangguhkan penjualan The Little Hero  .

“Mohon diperhatikan bahwa kami saat ini sedang mengumpulkan informasi tentang situasi dan berbicara dengan pihak-pihak yang terkena dampak dalam upaya untuk menyelesaikan masalah ini, untuk pra- melayani hak-hak pihak-pihak yang terkena dampak yang tidak memiliki pengetahuan atau keterlibatan dalam dugaan plagiarisme, dan untuk menghasilkan tindakan terbaik bagi para pihak dalam situasi ini, ”kata Kahel Press. 

Informasi Lengkap Bisa dilihat disini : https://ph.news.yahoo.com/amphtml/filipino-illustrator-outed-copying-korean-023328944.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Gabung mailing list untuk mendapatkan bonus dan promo menarik.

 

You have Successfully Subscribed!