4 Solusi Setiap Manusia tidak Jauh dari Omongan Orang (Hinaan)


DatabaseArtikel.com – Dalah hidup kita sebagai manusia adalah makhluk sosial. Sudah pasti tahu tentang hal ini, sebagai makhluk yang membutuhkan orang lain dalam segala aspek.

Menyebabkan seseorang bahkan anda sendiri tidak akan terlepas dari namanya omongan orang lain baik omongan buruk dan baik. Sebagai manusia wajar jika kita dihadapkan dengan omongan buruk yang menimpa, kita menjadi down.

Caci maki orang lain terhadap kita sering membuat perasaan tidak nyaman, terlebih jika cacian tersebut terdengar di telinga langsung. Itu jauh lebih berat.

Masalah hidup yang demikian jika anda merasakan saat ini dan bingung bagimana menghadapinya ada beberapa cara atau solusi untuk meredam tentang perasaan buruk kita kepada orang lain agar segera reda dan berakhir.

Bagaimana caranya ? Berikut informasi nya.

Solusi Menghadapi hinaan & Cacian dari Orang lain.

Informasi ini adalah untuk merubah mindset pemikiran anda terhadap orang lain agar anda bisa memaafkan dan tidak membenci orang orang yang sudah menghina anda.

1. Semua orang tidak luput dari omongan orang buruk.

Yang pertama, pahamkan pada diri dan pikiran anda bahwasannya tidak hanya anda yang mendapat hinaan dari orang laing.

Seluruh manusia yang hidup tidak terlepas dari yang namanya omongan baik dan buruk orang lain. Dengan demikian anda akan memahami bagaimana perasaan orang orang yang mendapat hinaan.

Dengan begitu anda bisa santai dan tenang jika menghadapi cacian di lain hari karena semua manusia pasti dan pasti mendapat hinaan baik dari belakang atau secara terang terangan.

Bahkan Nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم yang merupakan orang paling mulia di dunia ini bahkan tidak terlepas dari perkataan buruk orang orang kafir.

Karena jika hinaan datang kepada anda bersikaplah seperti biasa bayangkan hal tersebut juga pernah dialami orang lain jadi tidak sewajarnya kita bersedih hati.

2. Ambil sisi positif dari Hinaan dan Cacian tersebut

ambil sisi positif dari hinaan dan caci maki

Memangnya hinaan ada sisi positifnya ? Bukankah semua hinaan itu buruk semua ?. Ya anda memang benar hinaan adalah perkataan untuk menjelkkan kita.

Yang dimaksudkan dengan ambil sisi positifnya disini adalah dari hinaan yang anda terima baik hinaan fisik, kemampuan, dan lainnya.

Ambil hal hal buruk tersebut lakukan pengamatan (intropeksi) pada diri anda dan lihatlah apakah hal buruk tersebut ada pada diri anda selama ini ? Bisa jadi dengan hinaan buruk tersebut kita sadar bahwasannya masih ada hal buruk pada diri kita.

Sehingga dari omongan orang lain kita tersadar dengan kekurangan dan bisa memperbaiki kekurangan kita di masa yang akan datang.

Jika tidak ada bagaimana ? Nah kalau begitu sangat sederhana jika ucapan buruk tidak ada pada diri anda tentu mereka bisa jadi tidak mengetahuinya.

Jadi apabila anda tidak merasa memiliki hal hal buruk yang didalam hinaan tersebut ya biarkan saja kemungkinan hal itu kesalahan kata yang mereka ucapkan.

Namun jika terbesit rasa putus asa cek kembali dalam diri anda apakah hal buruk sekecil itu ada pada diri anda.

Note : Mengetahui keburukan pada dirikita sangat cepat ditemukan jika anda sulit menemukan menandakan anda adalah orang yang Egois memiliki rasa EGO yang tinggi.

3. Posisikan orang lain bukan siapa siapa.

abaikan orang orang yang menghina anda

Yang satu ini pembahasannya cukup ekstrim jadi dibacanya pelan pelan saja hingga akhir.

Nah orang yang sering menghina anda akan selalu mengikuti anda dan selalu memperhatikan hal hal yang anda lakukan. Benar bukan ? Bagaiman mereka tahu hal buruk kita jika tidak selalu mengikuti kita.

Apabila ada orang lain yang menghina anda di depan mata posisikan orang tersebut sebagai orang yang tidak berperan dalam hidup anda sama sekali.

Note : Dalam kasus ini hinaan yang didapat adalah dari orang lain. Bukan dalam lingkungan keluarga dan kerabat. Wajib dibedakan

Pasalnya lihatlah orang yang mencaci anda tersebut apakah ada peran penting yang mereka hadir dalam hidup kita ? Tentu tidak jadi dia bukan siapa siapa kita dan tidak penting dalam hidup kita.

Orang yang menghina anda tidak mengetahui hidup anda dan secara tiba tiba muncul dengan beragam variasi hinaan kepada anda.

Ini sama halnya dengang Orang Asing yang datang kepada anda kemudian marah marah tidak jelas.

Sebenarnya orang yang menghina anda hadir hanya sebagai pelengkap hidup anda karena baik dan buruk selalu hadir dalam kehidupan ini.

Jadi intinya adalah jadikan status orang lain tersebut bukan bagian penting dari hidup anda hal ini tentu disertai dengan solusi pada poin 1 & 2 diatas.

Baca Juga : 9+ Cara Dapat Teman Baik di Sekolah SD/SMP/SMA & Manfaatnya

4. Jangan terlalu membenci para penghian dan pencaci

pembenci akan merubah menjadi baik kapan saja

Anda selalu dihina dan dicaci maki oleh orang yang sama ?? Jika ya perhatikan kata kata berikut ini.

Jangan terlalu membenci seseorang bisa jadi esok hari di menyukai anda” , “Jangan terlalu mencintai seseorang bisa jadi esok ia menjadi musuhmu

Kata kata ini akan selalu saya ingat ketika ada orang yang membenci saya. Karena hati orang akan berbolak balik dan tidak tentu setiap harinya.

Jadi jika hari ini dia membenci, menghina anda jangan cemas besok atau lusa diabisa jadi menyukai atau menyayangi anda. Tidak ada musuh yang abadi.

Selama masih dalam tahap dia membenci anda perbaiki hal hal yang buruk pada diri anda dan bersikap baiklah kepada para pencaci anda seolah tidak ada yang terjadi (Ya meskipun itu berat tetapi paksakan diri anda dan itu baik di kemudian hari)

***

5. Tenangkan hati dengan Istigfar.

Setiap manusia pasti memiliki permasalah hidup dan cobaan salah satu penyebab dari masalah yang datang termasuk hinaan ini akibat dosa dosa yang diperbuat.

Maka dari itu perbanyak membaca (Istigfar) أستغفر الله‎ yang artinya “Aku memohon ampun kepada Allah.”

Setiap ada orang yang menghina anda selalu baca terus menerus istighfar sebanyak banyaknya hingga hilang rasa down pada hati dan pikiran kita.

Jadi ini solusi yang paling ampuh dari yang lain dan ini merupakan inti dari Solusi dari Setiap Manusia tidak Jauh dari Omongan Orang.

***

Admin menuliskan ini karena ada yang mengganjal dalam hati dan pikiran. Serta tantangan hidup di era sosial media yang bahkan sangat miris karena hinaan dalam komentar digital saja orang bisa melakukan bunuh diri.

***

Karena itu bersabarlah dengan apa yang orang lain ucapkan dan berbenah dan berbuat baiklah selalu kapan saja dan dimana saja.

Terima kasih sudah berkunjung dan lihat artikel menarik lainnya di Situs ini DatabaseArtikel.com


الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن


Selalu Berbagi :

Diterbitkan oleh

Rofiq ~

Menulis apa yang saya mau bukan yang anda mau, ada pertanyaan dan hal lain bisa komentar atau kontak Whatsapp di +6289669699740
Artikel ini masuk dalam kategori Kategori Pengalaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *