fbpx

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Review Aplikasi Whatsapp Business, Kelola Bisnis lebih Mudah

Fitur Menarik dalam Aplikasi Whatsapp Business yang perlu Anda ketahui. WhatsApp telah menguji aplikasi serta layanan baru yang ditujukan untuk para pelaku bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, yang akan memudahkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Sebaliknya konsumen dapat lebih aman karena kontak perusahaan diverifikasi.

Apa itu Whatsapp Business ?

Aplikasi WhatsApp Business ini merupakan aplikasi mandiri yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp Messenger. Logo kedua dari aplikasi ini masih serupa, kecuali di bagian tengah, WhatsApp Business memiliki huruf B, yang merupakan pembeda utama dengan WhatsApp Messenger. Berikut ini ulasan beberapa fitur terbaru dalam aplikasi WhatsApp Business.

Nama Akun WhatsApp Bisnis Tidak dapat Diubah

Saat memulai aplikasi WhatsApp Business, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon, lalu kode unik yang dikirim melalui SMS sebagai bagian dari verifikasi data. Kemudian Anda akan diminta memasukkan nama akun bisnis di WhatsApp Business. Di sana Anda akan menemukan peringatan awal bahwa nama akun bisnis tidak dapat diubah, jadi Anda harus terlebih dahulu menentukan nama akun bisnis yang akan digunakan di WhatsApp Business.

Memiliki Profil Bisnis

Ini juga disebut WhatsApp Business, jadi Anda harus mengisi profil bisnis secara detail. Anda harus mengisi deskripsi bisnis, lokasi atau alamat kantor/toko, kategori bisnis, alamat email dan situs web. Semua itu diperlukan agar WhatsApp nantinya dapat memberikan simbol tanda centang hijau sebagai akun bisnis terverifikasi.

Kategori Bisnis

Di kolom profil di WhatsApp Business, Anda dapat memilih kategori yang sudah terdaftar. Jika kategori bisnis Anda tidak cocok, pilih “yang lain”. Sementara di WhatsApp Messenger tidak ada fitur seperti ini. Ini tentu saja dapat memudahkan pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan.

Dapat Menggunakan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Selain menggunakan nomor ponsel, Anda juga dapat memasukkan nomor telepon perusahaan atau rumah Anda untuk membuat akun bisnis, sehingga meningkatkan pilihan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Namun, WhatsApp menyarankan untuk tidak mengubah nomor telepon, Anda harus menentukan nomor telepon permanen.

whatsapp business
whatsapp business

Mengapa Harus Mencoba Aplikasi Whatsapp Business?

Mengelompokkan Pesan “Label”

Kehadiran fitur pengelompokan pesan memudahkan pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Pengelompokan pesan yang terkandung dalam aplikasi WhatsApp Business meliputi: prospek, pesanan baru, menunggu pembayaran, pembayaran, dan penyelesaian pesanan.

Anda dapat mengubah atau menambahkan label ini ke dalam kategori yang berbeda sesuai keinginan Anda. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengelompokkan pelanggan sesuai dengan isi pesan. Fitur ini jelas tidak ada di WhatsApp Messenger.

Pemesanan Otomatis

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pengiriman pesan otomatis, dan fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Messanger. Pesan jauh, aktifkan fitur ini jika ada pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau ketika bisnis ditutup, balasan pesan secara otomatis akan dikirim.

Pesan ucapan, Anda dapat menggunakan pesan otomatis untuk pelanggan baru untuk menyambut sebagai ucapan awal. Selain itu, dengan fitur ini pemilik bisnis dapat menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada pelanggan.

Ada Analisis Data Interaksi Pelanggan

Aplikasi WhatsApp Business dapat memberikan data statistik penting untuk pengembangan bisnis Anda. Data tersebut berupa informasi yang berkaitan dengan interaksi pelanggan dengan dasar analisis, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, dikirim, dan dibaca. Untuk dapat membaca analisis pengguna WhatsApp Business, cukup pilih opsi di sebelah kanan percakapan, lalu masukkan pengaturan bisnis dan pilih statistik.

Cara Download Aplikasi Whatsapp Business

Aplikasi whatsapp business ini bisa anda dapatkan secara gratis di google play store sekarang juga dengan cara :

  • Buka Aplikasi Google Play Store di Android Anda.
  • Ketik di pencarian dengan “WhatsApp Business” lalu ok.
  • Kemudian klik pada aplikasi WhatsApp Business.
  • Klik install dan tunggu hingga proses pemasangan di android Anda selesai.
  • Tutup aplikasi Google Play Store, lalu cari aplikasi WhatsApp Business dan buka aplikasinya.
  • Selamat menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

Cara Menggunakan WhatsAPP Bisnis (Business) di PC.

Karena Aplikasi ini adalah aplikasi yang mendukung hanya di Android jadi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Business di Komputer harus menggunakan emulator.

Cara ini sudah admin bahas di tutorial yang ada di artikel berikut :

Baca : Cara Menggunakan Aplikasi Android di PC / Komputer / Laptop

Untuk singkatnya seperti berikut caranya memasang WhatsApp Business di laptop :

  1. Download emulator android di PC Seperti Nox Player, Bluestack dan lain sebagainya.
  2. Kemudian download aplikasi WhatsApp Business APK lalu install di Emulator anda.
  3. Setelah selesai terinstall WhatsApp Business siap untuk digunakan dan dijalankan.

Untuk mendownload WhatsApp Business dalam bentuk APK nya bisa digunakan caranya berikut Cara Download File APK di Komputer.

Cara Download file APK WhatsApp Business di PC / Komputer.

  • Kunjungi situs google play store via pc di link berikut ini https://play.google.com/store
  • Kemudian cari di kolom pencarian dengan kata kunci WhatsApp Business
  • Copy link url yang ada di Address bar browser kalian. Kunjungi situs APK Downloader for PC di link berikut https://apps.evozi.com/apk-downloader/.
  • Masukkan url / link tadi kemudian pastekan lalu klik Generate Download link.
  • Tunggu sebentar lalu tombol download APK WhatsApp Business siap di unduh.

Suka dengan Artikel ini ? Berikan 5 Bintang !

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required